Demi Meningkatan Mutu Sekolah, SMPN 6 Keposang Lakukan Visitasi Akreditasi

Penulis : Bambang

Editor   : Edoy

 

BE.com

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Dalam rangka meningkatkan mutu proses belajar mengajar  peserta didik  serta peningkatan  sarana prasarana, SMPN 6 Keposang Kabupaten Bangka Selatan  melakukan penilaian akreditasi sekolah selama dua hari, pada hari Senin dan Selasa, 07/08 Agustus 2023.

Di hadiri Aksesor  Badan Penilaian akreditasi  akreditasi Nasional Provinsi Kepulauan Babel, ODI zubriadi, M.pd  dan Eko hery priyanto, S.pd. Pengawas Pembinaan  SMP N 6 H.Supardi, S.pd. , Mat. Kepala Sekolah SMPN 6 Toboali Nuraida Fajarwati, S.pd, PKN. Ketua Komite, Yuliana serta seluruh Guru dan Pegawai SMPN 6 Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Pertemuan berlangsung di Di ruang Perpustakaan SMPN 6 Toboali, Senin (07/08/2023).

Kepala Sekolah SMPN 6 Nuraida Fajarwati menjelaskan, kalau sebelumnya SMPN 6, dulunya SMPN 7, setelah adanya pemekaran, status nama SMPN 7 berubah.

“Pada awalnya dulu SMPN 7 pada tahun 2007, namun adanya pemekaran sehingga berubah menjadi SMPN 6 TOBOALI,” jelas Kepsek SMPN 6 Nuraida.

Lebih jauh Nuraida menuturkan, SMPN 6 dibawah kepemimpinannya telah mengemas Profile SMPN 6, berubah Visi dan Misi.

“Visi kami adalah “Mewujudkan Peserta Didik Berkarakter Pancasila dan Ipteks  Serta Berwawasan

Lingkungan”,” katanya.

Berikut adalah Misi SMPN 6 Toboali :

1.Meningkatkan Kualitas Keimanan dan Ketaqwaan.

2.Mengembangkan Karakter Peserta Didik untuk Cinta Tanah Air.

3.Membentuk Peserta Didik Yang Mampu Mengembangkan Potensi Daerah.

4.Mengembangkan Rasa Solidaritas dan toleransi Peserta Didik Melalui Intrakuriker Maupun Ekstrakurikuler.

5.Meningkatkan Pembelajaran yang dapat Mengembangkan Peserta Didik yang Unggul Dalam  Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Sains, dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi.

6.Mengembangkan Sikap Kritis, Kreatif, Komunikatif Dan Kolaboratif Melalui Intrakurikuler dan   Projek Profile Belajar Pancasila Serta Mengembangkan Life Skill Peserta Didik  Melalui Kegiatan Intrakurikuler Maupun Ektrakurikuler.

7.Memberdayakan Literasi Melalui Intrakurikuler Maupun Ektrakurikuler dan Projek Profil Pelajar Pancasila.

8.Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Yang Berbasis Kearifan Lingkungan dan Pengembangan Kultur Sekolah.

9.Menciptakan Lingkungan Bersih,Hijau,Sejuk,Rindang,Aman,Nyaman dan Berwawasan Wiyata Mandala.

10.Mengembangkan Networking Dengan Lembaga Lembaga Pendidikan Dudi Baik Lokal, Nasional Maupun Untuk Peningkatan Kualitas/ Pengembangan Sekolah.

11.Mengembangkan Potensi Diri Peserta Didik Menjadi Manusia Tangguh Menghadapi Persaingan Global.

“Siswa kami pada tahun 2023 mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu dengan jumlah 380 -an, dan itu berdasarkan hasil penerimaan siswa baru pada tahun 2023,” tambahnya.

“Sesuai dengan Standar kami, penilaian serta Butir-butir tentunya ada empat, yang pertama kelulusan, proses pembelajaran, penilaian terhadap dewan guru, dan manjemen pendidikan,” tuturnya.

Masih kata Nuraida, jika pedoman penilaian akreditasi sekolah pada tahun sebelumnya,  sudah melakukan akreditasi melalui Daring namun pada tahun 2023, mulai melakukan dengan tatap muka langsung.

“Dalam hal ini kita tidak akan tetap melakukan upload melalui aplikasi yang telah ditentukan dari pihak tim penilai Akreditasi Nasional melalui Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan akan diperpanjang menjadi satu tahun di 2023. Dari daring ke pestitasi dengan berkunjung langsung dengan tatap muka  serta mengisi sebuah aplikasi apa saja yang menjadi tuntutan atau kebutuhan Akreditasi,” ujarnya.

Dirinya berharap, agar sekolah yang dibina olehnya, dapat menjangkau nilai 100 persen.

“Harapan kami tentunya pada tahun ini akan menjadi ‘A’ Besar yaitu dengan Nilai 100% pada tahun 2023,” harapnya.

“Adapun kendala yang kita rasakan saat ini kekurangan ruangan kelas dan wc siswa, sesuai aturannya seharusnya 40 siswa itu mempunyai satu jamban dengan meningkatnya kapasitas siswa saat ini dengan jumlah yang signifikan dengan 380-an siswa,” pungkasnya. (Red/BE).