Respon Keluhan Nelayan, Ketua DPRD Babel Datangi Alur Muara Jelitik

BE.com

Sungailiat, Buletinexpres.com — Ketua DPRD Babel Herman Suhadi datangi alur Muara Jelitik, setelah menindaklanjuti Aspirasi Aliansi Nelayan Pesisir yang melakukan aksi damai kemarin pada Rabu 2 Agustus 2023, di halaman kantor Gubernur, terkait pendangkalan alur muara Jelitik.

“Hadir disini untuk menindaklanjuti aspirasi kawan-kawan nelayan kemarin. Pada dasarnya kita sangat peduli menangani ini meski tidak bisa seperti yang kita inginkan,” kata Herman usai melakukan peninjauan dilokasi pendagkalan alur muara jelitik Sungailiat Kabupaten Bangka, Kamis, (03/08/2023).

Herman menjelaskan surat yang dibacakan oleh Pj Gubernur Babel dihadapan ratusan nelayan jelas mengatakan bahwa permasalahan pendangkalan di PPN ini sudah diserahkan ke Bupati Bangka.

Lanjutnya, Bupati Bangka sudah diberi kewenangan melakukan percepatan normalisasi itu. Namun Bupati Bangka juga tidak bisa melakukan eksekusi langsung karena ada masalah perizinan yang belum tuntas dan masih berproses hukum.

Sedangkan, kata Herman, untuk penerbitan PKK PRL harus dalam kondisi clear on clear dengan segala bentuk perizinan yang berlaku.

“Saya mengajak kawan-kawan nelayan bersabar menunggu proses hukum ini selesai dan yakinlah kami juga memikirkan jangka pendek agar nelayan bisa lewat,” ujarnya.

Menurut Herman kabupaten Bangka juga harus tetap berkoordinasi dengan pihak perusahaan karena masih ada izin keruk atau surat izin kerja keruk (SIKK) sepertinya PT Pulomas Sentosa yang izinnya masih berlaku sampai Mei 2024.

“Karena itu izinnya masih tumpang tindih kita akan kembali membicarakan persoalan ini sesama forkopimda, namun kewenangan pemkab Bangka juga yang harus berkoordinasi dengan perusahaan yang masih ada izin keruk itu,” tutupnya. (Red/BE).