Wabub Debby Buka Bimtek ABPEDNAS

BE.com

Yogyakarta, Buletinexpres.com – Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi membuka secara langsung Bimbingan Teknis ABPEDNAS Sebagai Media Sekaligus Aspirasi BPD Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik di Cavinton Hotel Yogyakarta, Selasa (20/06/2023).

Bimtek yang diikuti oleh Pimpinan dan Staff Bagian Bidang Pemerintahan Desa Masyarakat Desa Kabupaten Bangka Selatan, Ketua dan Segenap Anggota BPD se-Kabupaten Bangka Selatan, dan unsur yang terkait ini akan di adakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 19 s.d 23 Juni 2023.

Dalam rangkaian acara Bimtek tersebut peserta juga akan melakukan Studi Tiru/Menuju Lapangan ke Desa Srimulyo Kapanewon Piyingan Kabupaten Bantul yang merupakan desa terbaik dalam tata kelola BPD.

Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, perwakilan Kapolres Bangka Selatan, para Narasumber dari Direktorat Fasilitas Keuangan dan Aset Desa Kemendagri/Balai PMD dan pihak terkait.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, S.E menyampaikan, bahwa Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa. BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga, penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang baik ini juga Wabup Debby mengapresiasi  ABPEDNAS yang merupakan organisasi yang mewadahi Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). sebagai kepanjangan tangan dari Badan Permusyawaratan Desa, ABPEDNAS berfungsi sebagai alat komunikasi sekaligus merupakan wadah aspirasi dari seluruh BPD menuju tata kelola pemerintahan yang baik di desa.

“ABPEDNAS sebagai forum berkomunikasi BPD untuk bertukar pikiran, memberikan saran, pendapat serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul baik di organisasi maupun lingkungan masyarakat desa sehingga tercipta komunikasi yang baik dan kerukunan antar masyarakat,” imbuhnya.

Menutup sambutannya, Wabup Debby berharap melalui pelaksanaan bimtek ini BPD mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, bisa meningkatkan kapasitas dan kinerja anggota BPD dan berpesan semua materi yang diberikan harus diikuti dan dipahami agar dapat dipraktekkan dalam menjalankan kegiatan di desa.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berharap usai pelaksanaan bimtek ini dapat memberikan pemahaman tentang strategi peningkatan kemampuan bagi Ketua dan pengurus BPD, serta mempunyai peranan penting dalam pembangunan desa di Kabupaten Bangka Selatan,” ungkapnya.

Kemudian, diharapkan juga dapat mempertegas peran BPD dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, mendorong BPD agar mampu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan terakhir dapat mendorong BPD se-Kabupaten Bangka Selatan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di desa,” tutup Wabup Debby. (Red/BE).