Berbagai Produk UMKM Bateng Dipamerkan Di Gebyar Wisata Nusantara Expo

BE.com

Bangka Tengah, Buletinexpres.com – Berbagai Produk UMKM Kabupaten Bangka Tengah dipamerkan dalam Gebyar Wisata Nusantara Expo, yang berlangsung di Jakarta, Kamis (08/06/2023).

Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM bersama Dekranasda Kabupaten Bangka Tengah, promosikan berbagai Produk UMKM khas Bateng pada Gebyar Wisata Nusantara Expo 2023, di Gedung Semesco Exhibition Hall Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron, mengatakan, membawa produk UMKM Bangka Tengah ke Gebyar Wisata Nusantara ini, tujuan untuk mempromosikan semua produk UMKM Bangka Tengah ditingkat Nasional, baik itu olahan makanannya maupun ekonomi kreatif.

“Bangka Tengah ini kan Daerah pesisir, tentunya olahan ikan ini menjadi favorit, untuk olahan ikannya yang kita bawa ada Rusip (ikan yang dipermentasi), kemudian kretek dan stik yang berbahan dasar ikan, dengan diolah dan dikemas maka produk ini memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga berdampak pada para pelaku UMKM nya,” ujarnya

Selain itu, lanjut Ali Imron, dari bidang ekonomi kreatifnya, Kabupaten Bangka Tengah mempromosikan Songko Resam (Kopiah khas Bangka), dan batik asli Bangka Tengah.

“Kita membawa Songko Resam yang merupakan salah satu ciri khas Pulau Bangka, dan batik asli dari Bangka Tengah kita bawa juga untuk di promosikan disini,” ucapnya

Dikatakan Ali, setiap Bangka Tengah mengikuti pameran selalu mendapat respon positif dari pengunjung, dan yang paling banyak diminati itu makanan olahan ikan serta madu.

“Alhamdulillah respon bagus, yang banyak diminati itu produk olahan ikan dan madu, karena madu kita memiliki rasa yang beda,” tuturnya

Lebih lanjut dikatakan Ali, pulau Bangka ini kan Daerah tujuan wisata, dan ketika wisatawan berkunjung setidaknya akan mempunyai story atau cerita yang akan disampaikan ke yang lainnya, karena itu berharap kedepannya UMKM dan pariwisata Bangka Tengah terus meningkat.

“Ada yang akan di kenang ketika wisatawan datang ke Bangka Tengah, untuk itu kuliner dan oleh-oleh khas harus ada, dan itu akan terus kita kembangkan sehingga ke khasan Bangka Tengah dikenal bukan hanya di tingkat Provinsi saja, namun sampai ke tingkat Nasional,” pungkasnya. (Red/BE).

Sumber : Kominfo Bangka Tengah