BPKAD Akan Melakukan Pendataan Seluruh Aset Milik Pemerintah Daerah

Laporan : Birawa

Editor     : Dedy

 

BE.com

Bangka Tengah, Buletinexpres.com – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah tahun 2023 ini akan melakukan pendataan seluruh aset milik daerah yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Cherlini, mengatakan, pihaknya akan melakukan penyusunan daftar aset milik daerah di seluruh OPD, Puskesmas dan Sekolah se Kabupaten Bangka Tengah.

“Tahun 2023 ini yang kita data yaitu, tanah, bangun dan gedung serta jalan jaringan, kemudian di tahun 2024 dengan inventarisasi peralatan mesin, karena peralatan mesin ini sangat banyak,” tuturnya (31/5/23) usai sosialisasi inventarisasi aset di Gedung Serba Guna Bangka Tengah.

Lanjutnya, dengan adanya Inventarisasi ini bisa mendapatkan data aset milik daerah yang riil, dan posisinya dimana, serta kondisi seperti apa.

“Ini untuk mengetahui dimana posisi barangnya, statusnya apa, apakah masih layak atau sudah rusak, dan juga untuk pengamanan  aset-aset milik daerah, sehingga kita bisa mengetahui semuanya dengan jelas apakah ada penambahan barang atau pengurangan, ya pada intinya untuk memperjelas saja,” terangnya.

Dikatakan Cherlini, ia berharap kerja sama dari semua pihak terkait untuk pendataan ini, agar aset milik pemerintah benar-benar jelas pengelolaannya.

“Kejelasan dan transparansi sangat penting sesuai dengan hukum, karena ini berkaitan dengan penyampaian laporan keuangan kita yang akuntabel,” pungkasnya. (Red/BE).