Bangka Tengah Raih Anugerah Merdeka Belajar

BE.com

Yogyakarta, Buletinexpres.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah berhasil meraih Anugerah Merdeka Belajar, pada malam puncak peringatan Bulan Merdeka Belajar Kemendikbudristek Republik Indonesia, di Gedung Trimurti, Kompleks Ramayana Ballet, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (29/05/2023), kemarin

Anugerah Merdeka Belajar tersebut diberikan kepada Bangka Tengah, karena telah berkontribusi dalam Gerakan Merdeka Belajar sehingga berhasil meningkatkan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

“Kita berharap nanti di Bangka Tengah saat memperingati Hari Guru di tahun 2023 ini, kita bisa menggelar karnaval yang melibatkan para guru dan sekolah yang ada di Bangka Tengah,” ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

Dikatakan Algafry, Pemkab Bangka Tengah telah berkomitmen untuk menjalankan program kurikulum Merdeka Belajar, mulai dari tahun pelajaran 2022 hingga 2023 dengan harapan target capaian 100% melaksanakan kurikulum merdeka.

“Capaian program merdeka belajar pada tahun 2022 hingga 2023, yaitu sebanyak 97%, dan satuan Pendidikan Bangka Tengah sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri, bahkan 98,5% Guru telah menyelesaikan pelatihan secara mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar,” tutur nya.

Lanjutnya, partisipasi tinggi dalam pelaksanaan Program Guru Penggerak, dan tinggi dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, dan meningkatnya jumlah calon guru.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Bateng mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semua unsur yang bergerak di bidang pendidikan, tenaga Pendidik dan Kependidikan, para siswa dan orang tua, serta semua pihak yang telah mendukung kinerja di bidang pendidikan sehingga kita berhasil mencapai target ini,” ucap Algafry.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah Iskandar, menyebutkan bahwa Anugerah Merdeka Belajar ini, sebagai motivasi untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi.

“Ini memberikan motivasi yang besar kepada kita khususnya Dinas Pendidikan serta para kepala sekolah, pengawas, dan guru di lingkungan Bangka Tengah. Kita harapkan kedepannya untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan tranformasi pendidikan di Bangka Tengah,” ungkap Iskandar.

Dikatakannya, masih banyak kategori yang harus diraih oleh Pemkab Bangka Tengah. Beberapa kategori itu antara lain Pelaksana Kurikulum Merdeka, Transformasi Pembelajaran bagi Guru dan Siswa, Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Mitra, Anugerah Sosok Inspiratif, Anugerah Media Daring dan Cetak, Lomba Foto, Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik.

“Untuk kategori yang kita raih ini, memang berkaitan dengan semua aturan-aturan dan penganggaran dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka. Kedepannya, kita akan mencanangkan lebih baik lagi melalui pemerintah daerah sehingga implementasi kurikulum merdeka lebih maksimal lagi,” pungkasnya (Red/BE).