Jelang Idul Adha, DPPP Basel Pantau Hewan Ternak

Laporan : Bambang
Editor : Dedy

BE.com

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, pada 19 Juni 2023 mendatang, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan mulai memantau hewan ternak

Pemantauan dilakukan agar hewan ternak yang nantinya akan dikonsumsi oleh orang banyak, sudah terjaga kesehatan nya.

Untuk itu Kabid Peternakan Nuruddin,
Pada selasa (16/5/2023) kemarin menugaskan para medis perternakan agar lebih rutin memberikan pelayanan kesehatan dan vitamin gratis kepada 296 ekor ternak sapi di wilayah sentra perternakan kecamatan Pulau Besar kabupaten Bangka Selatan.

“Desa-desa yang menjadi sasaran petugas medis kami antara lain Desa sumber Jaya Permai, Panca Tunggal, Fajar Indah, dan Sukajaya,” jelas Nuruddin, Rabu (17/05/2023).

Ia menambahkan, kegiatan pemantauan dan pemberian vitamin hewan ternak ini bertujuan meningkatkan imunitas ternak hewan milik masyarakat terhadap antisipasi serangan penyakit.

“Kegiatan ini kita lakukan semata-mata hanya untuk meningkatkan imunitas hewan ternak, supaya aman dikonsumsi,” katanya.

Lebih jauh Nuruddin menghimbau, agar dapat menjaga produktivitas ternak dan jaga kesehatan ternak, membersihkan sanitasi kandang, supaya jangan segan segan laporkan dan berkoordinasi ke petugas perternakan (DPPP) Bangka Selatan jika menemukan penyakit hewan ternaknya.

“Bagi pedagang hewan sapi berhati hati memasok sapi dari luar Bangka Selatan, pastikan produksi hewan sapi lokal pada hari raya kurban 2023 mencukupi,” pintanya.

“Berdasarkan keterangan kelompok perternakan Bangka Selatan dimudahkan dalam peminjaman lunak pelayanan
Kredit Usaha Rakyat. Juga bantuan program pemerintah dalam memberdayakan usaha perternakan, pertanian dan perikanan disektor unggulan Kabupaten Bangka Selatan,” pungkasnya. (Red/BE).

Source : Djituberita.com