Terkait Dana Hibah Kegiatan Perkemahan, Diduga Melati Erzaaldi di Panggil Kejati Babel

Editor : Ahada

BE.com

Pangkalpinang, Buletinexpres.com — Ada kabar Melati Erzaldi dipanggil Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bangka Belitung.

Pemanggilan ini terkait penggunaan dana hibah dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang digunakan untuk kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya (Perti Saka) Widya Budaya Bakti tingkat nasional pada tanggal 19-25 November 2018 lalu.

Kabar pemanggilan Melati Erzaldi ini terkait dirinya sebagai Ketua Kwarda Babel.

Informasi yang dihimpun Tim Journalis Babel Bergerak (Jobber), menyebutkan bahwa pada hari Kamis (11/5/2023), berkas atau laporan keuangan kegiatan Perti Saka Nasional di Desa Balunijuk Kabupaten Bangka sudah diserahkan kepada Kejati Babel oleh Agung.

Disebutkan juga bahwa yang berperan dalam giat Peran Saka Nasional antara lain Muh Irham (Wakabinamuda), Edi Sugara, Sri Rezeki sebagai Admin dan Bendahara, Agung juru ketik dan pemegang Admin di Kwarda, Zamhari Alfarizi sebagai Sekretaris Kwarda Pramuka Babel serta Melati Erzaldi sebagai Ketua Pramuka Kwarda Babel.

Tim Jobber mencoba menkomfirmasi kepada Melati Erzaldi terkait kabar bahwa dirinya telah dipanggil Kejati Babel. Namun konfirmasi yang dikirimkan melalui WA pribadinya Sabtu (13/5/2023) sekitar pukul 20.27 WIB, hingga berita ini dinaikkan tidak merespon konfirmasi Tim Jobber.

Sementara itu Sekretaris Kwarda Babrl Zamhari Aparizi menyatakan bahwa tidak ada pemanggilan Melati Erzaldi oleh Kejati Babel.

“Waa’laikumsalam wrwb. Dakde ah. Sebagai Sekretaris Kwarda Babel pasti ku tahu jika ade hal tersebut. Dakde apalah. Mun ade pasti ku orang pertama yang nerima surat e. Name e ge sekretaris,” ujar Zamhari.

Sedangkan Muh Irham tidak berkomentar banyak terkait kabar adanya pemanggilan oleh Kejati Babel terhadap Melati Erzaldi. Ia hanya menjawab akan segera merilis terkait itu semua.

“Insyaallah segera kami release statement resmi ox (reda-ya),” jawabnya singkat.

Pada kesempatan berbeda Kadispora Babel Widya mengatakan bahwa dirinya akan menanyakan terlebih dahulu kepada bagian atau  bidang yang bertanggungjawab terhadap dana tersebut.

“Selamat malam.  Punten, saya akan menanyakan ke tim yang membidangi mengenai hal ini,” ujar Widya.

Sementara pihak Kejati Babel belum merespon konfirmasi dari Tim Jobber. Konfirmasi yang dikirim pada Sabtu (13/5/2023) malam, hingga berita ini dinaikkan juga belum merespon.

Diberitakan sebelumnya, Bangka Belitung menjadi tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) tingkat nasional 19-25 November 2018 di Bumi Perkemahan Depati Amir, Desa Balun Ijuk, Kabupaten Bangka.

Pertinas SWBB 1 2018 merupakan pertemuan Saka Widya Budaya Bakti se-Indonesia dengan melaksanakan kegiatan yang kreatif, inovatif dan rekreatif serta mengandung unsur bakti masyarakat.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan dan pengalaman anggota Pramuka Saka Widya Budaya Bakti dalam keterampilan serta pengembangan dunia pendidikan dan kebudayaan. Selain itu juga memperkuat tali silaturahmi antar anggota Saka Widya Budaya Bakti.

Banyak kegiatan dalam Pertinas ini, seperti jumpa tokoh, pendalaman krida robotik, pendalaman krida pembuatan komik sejarah dan karikatur, pendalam krida pembuatan alat permainan tradisional, belajar cara eskavasi dan papanisasi sejarah, pembuatan krida membuat film pendek, membuat pola pakaian, handycraft, paranting education dan kegiatan lainnya. (Tim JB/BE).