Pemkab Basel Gelar Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Tahun 2024

BE.com

Toboali, Buletinexpres.com — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tingkat Kabupaten Tahun 2024 dengan Tema “Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dasar, Perekonomian Daerah dan Fasilitas Infrastruktur Berkelanjutan Secara Inovatif, Kreatif dan kolaboratif” di Gedung Serba Guna Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (15/03/23).

Salah satu tahap dalam penyusunan RKPD adalah penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan (Musrenbang) tingkat Kabupaten.

Musrenbang Kabupaten/Kota merupakan salah satu wujud nyata dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2024 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dimana perencanaan sendiri diartikan sebagainproses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.

Pada konteks ini sumber daya yang dimaksud adalah potensi, kemampuan dan kondisi lokal, termasuk anggaran yang dikelola untuk dimanfaatkan utuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui forum Musrenbang ini diharapkan juga akan terbentuk pengembangan partisipas masyarakat dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan.

Adapun tujuan Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tingkat Kabuapaten 2024 ini adalah dalam rangka menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, dan Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah Kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrembang kecamatan.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut secara virtual, Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama mewujudkan Bangka Selatan yang maju.

“Kepada seluruh komponen masyarakat mari-mari bersama-sama mewujudkan Bangka Selatan yang maju dalam pertumbuhan ekonomi, pertanian, perikanan, dan pengembangan SDM berbasis riset, inovasi dan gotong royong,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Riza Herdavid kembali berharap berharap seluruh komponen baik dari Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat bersinergi dan berkolaborasi sehingga penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2024 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel.

“Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2024 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta menjawab isi-isu yang strategis yang ada serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah dan masyarakat Bangka Selatan secara tepat dan strategis untuk dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi serta proses-proses panjang laninnya yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu Musyawarah Perencanaan, Pembangunan RKPD tahun 2024,” tutupnya. (Red/BE)