Ismir : Volume Sampah Capai 60 Ton Sehari

Penulis : Edo Roberto
Editor : Dedy

BE.com

Bangka, Buletinexprws.com — Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Bangka Ismir Rachmaddinianto mengungkapkan, volume sampah di Kabupaten Bangka mencapai angka tonase 60 ton per harinya.

Hasil itu kata Ismir, berdasarkan dari jumlah sampah yang ada disetiap TPA yang ada di Kabupaten Bangka.

“Data volume sampah yang mencapai 60 ton per hari itu, berdasarkan jumlah sampah yang di buang di kawasan tempat pembuangan akhir (TPA),” kata Ismir Rachmaddinianto, Senin (06/03/2023) siang.

Kata Ismir, sampah dengan berbagai jenis yang berhasil dikumpulkan, diharapkan kedepannya dapat dikelola dan di manfaatkan oleh masyarakat sesuai peruntukkan sehingga memberikan kontribusi pendapatan.

“Sampah anorganik dapat didaur ulang begitu pula halnya sampah organik dapat diolah menjadi pupuk organik yang bagus untuk tanaman pertanian atau perkebunan,” bebernya.

Ismir mengungkapkan, akan terjadi peningkatan sampah jika tidak dilakukan penanganan dan pengelolaan sampah sesegera mungkin. Karena kata dia, pertumbuhan masyarakat semakin bertambah dan situasi kota juga akan berkembang.

Maka dari itu lanjut Ismir, pihaknya akan terus mendorong masyarakat untuk dapat mengelola sampah melalui kelompok masyarakat yang dibentuk.

“Kami mendorong dan memberikan pendampingan bagi masyarakat yang hendak membentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) agar dalam mengelola dan memanfaatkan sampah dapat dilakukan berkelanjutan,” ujarnya.

Dari hasil studi di sejumlah daerah di Indonesia, diketahui sampah yang selama ini dianggap barang yang tidak berguna ternyata dapat memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat yang mampu mengelolanya. (Red/BE)