Kemplang Ikan Bielika, Gurih dan Nikmat

BE.com

Bangka Tengah, Buletinexpres.com — Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu penghasil ikan di Kabupaten Bangka Tengah. Menyadari potensi perikanan tersebut, Suhaimi warga Desa Kurau mengolah ikan laut menjadi kemplang.

ikan kemplang merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung, memiliki rasa yang nikmat dan biasa disantap sebagai cemilan atau sebagai pelengkap menu utama.

Suhaimi dan orang tuanya sudah lama memproduksi kemplang ikan dengan merek Kemplang Ikan Bielika. usahanya juga cukup sukses, ia telah memasarkan produknya ke berbagai daerah seperti Batam, Jakarta, dan lain-lain.

“Di sini kalau banyak ikan banjir, harganya murah. Akhirnya diolah menjadi kemplang. kalau kemplang ini bertahan lama juga banyak peminatnya, apalagi ikannya enak banget,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu di kawasan Perikanan Desa Kurau.

Ia menyebutkan, ia menjual ikan kemplang yang sudah digoreng dan yang masih mentah. tergantung pada pesanan konsumen.

Jika sedang musim ikan, kata Suhaimi, mereka bisa membuat kemplang ikan hingga belasan kilogram

“Ikan kemplang prosesnya lama, setelah dibuat harus dijemur dan butuh waktu juga, setelah itu baru digoreng. makanya kami jual ada yang mentah, ada yang sudah digoreng, tergantung pesanan,” ujarnya.

Suhaimi mengatakan setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, dirinya mampu mengembangkan usahanya.

“Setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, saya bisa membeli freezer untuk stok ikan, dan membeli ikannya juga. Sama dengan menambah peralatan lainnya,” ungkapnya.

Ia memasarkan produknya menggunakan media sosial, dan aplikasi perpesanan WhatsApp, serta mengikuti pameran. Untuk menarik pembeli, ia menyediakan beberapa ukuran.

“Saya berjualan menggunakan WhatsApp, dan kemasannya bervariasi mulai dari 2,5 ons hingga satu kilogram, tergantung pesanan masyarakat. Saya bersyukur setelah menjadi mitra binaan, banyak yang mengenal produk saya,” ujarnya.

Ia menyebutkan rasa kemplang yang mereka hasilkan berbeda. Ikan yang berasa namun tetap memiliki tekstur yang gurih dan empuk membuat ikan kemplangnya cukup diminati.

“Rasanya beda. Klo udah digoreng mengembang dan ikannya berasa. kalau mau coba bisa hubungi 088267156878,” ujarnya. (Red/BE)