Biro SDM Polda Babel Hadirkan Aplikasi SPRADIK, Solusi Tingkatkan Kompetensi Personel Kepolisian

BE.com


Pangkalpinang, Buletinexpres.com — Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel) melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) menghadirkan sebuah Aplikasi ” SPRADIK ” sebagai solusi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggota sebagai personel kepolisian.

Selain itu, hal ini juga guna menindaklanjuti amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang meminta kepada seluruh anggota Polri memiliki SDM yang berkualitas agar bisa mewujudkan transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, transparasi dan berkeadilan (Presisi).

Oleh karna itu pula, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Philemon Ginting mengatakan akan terus memaksimalkan kompetensi personel melalui program Polri Belajar ini.

Dirinya turut menjelaskan, Polri Belajar juga diaktualisasikan dalam rangka peningkatan pelayanan Polri, khususnya di Polda Kepulauan Bangka Belitung untuk menghadapi dinamika tugas personel di lapangan serta semakin banyaknya tantangan di setiap waktu.

Melalui Polri Belajar ini, lanjut Philemon, diharapkan menjadi wadah bagi personel kepolisian di Babel untuk saling berbagi pengetahuan mengenai tugas kepolisian dan berdampak kepada peningkatan kompetensi yang akhirnya dirasakan oleh masyarakat.

“Dalam Polri Belajar ini juga kami menghadirkan Aplikasi Spradik yang berbasis android sebagai upaya mendukung Polri Belajar. Jadi di dalam aplikasi ini kami mengembangkan beberapa informasi yang dapat diakses oleh personel dan juga masyarakat bagaiamana upaya untuk meningkatkan kompetensi personel guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Philemon Ginting pada Selasa (28/02/2023).

Untuk diketahui, di dalam Aplikasi Spradik Polri Belajar juga memiliki beberapa fitur berupa perpustakaan online yang di dalamnya memuat informasi tentang kepolisian, e-mentorship dan e-sertifikat yang dapat dimanfaatkan untuk mentoring kepolisian hingga mengkases sertifikat-sertifikat yang didapatkan oleh kepolisian.

Lanjut, Dijelaskan Philemon, dalam pelaksanaan Polri Belajar ini, pihaknya di Biro SDM Polda Babel terus menyasar ke satuan kerja-satuan kerja (satker) hingga ke polres dan polsek jajaran secara bergiliran untuk mengikuti proses pembelajaran yang telah disiapkan sesuai dengan satker masing-masing.

“Jadi semisalnya kami datang ke Ditlantas Polda Babel ataupun Direktorat Binmas PoldaBabel, materi yang kami sampaikan adalah bagaimana personel kita ini bertugas dengan baik dan maksimal sembari memberikan edukasi bagi masyarakat sebagai bentuk pelayanan,” terangnya.

Melalui Polri Belajar ini, Philemon Ginting berharap dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi sekaligus kualitas pelayanan Polri terhadap masyarakat sehingga terwujudnya Polri Presisi. (Red/BE)Red/