Disinyalir Tanpa PBG, Bakal Gudang Milik AC di Bangun Diatas Resapan Air Kolong Puput Toboali

Penulis : Bambang
Editor : Dedy

BE.com

Bangka Selatan, Buletinexpres.com
Sebuah pondasi bangunan milik (AC) yang berdomisili tidak jauh dari rumah pribadinya, yang rencananya bakal dibangun gudang berlokasi di Jalan Raya Toboali – Sadai, tepatnya di Kolong Puput, disinyalir tidak mengantongi izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), dan diduga luput dari pengawasan dinas terkait.

Pantauan awak media di lapangan, diatas tanah yang cukup luas tersebut telah berdiri pondasi bangunan dan urukan tanah puru menutupi saluran di atas resapan air kolong Puput Toboali yang rencananya akan di bangun gudang.

“Rencananya akan dibangun gudang,” ujar Asan, salah satu pegawai bangunan, Senin (06/02/2023) siang.

“Kami hanya pekerja pak, kalau lebih jelasnya tanya bos (AC) yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari sini juga,” sebut Asan kepada wartawan.

Untuk mendapat keterangan dari pemilik bangunan, awak media akhirnya mencoba menkonfirmasi ke (AC) dikediamannya, namun sayangnya, yang bersangkutan tidak ada di rumah.

Bangunan gudang milik AC yang berdiri diatas resapan air

“Bos (AC) tidak dirumah pak, nanti balik lagi ya pak,” kata penjaga rumah yang enggan menyebutkan namanya.

Terpisah, Juliandi Kabid Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Bangka Selatan, saat dikonfirmasi menegaskan, kalau mereka tidak pernah mengeluarkan izin terkait bangunan yang bakal berdiri diatas resapan air.

“Data dari dinas kami, apapun bentuk bangunan di seputaran kolong puput Toboali di atas resapan air, kami tegaskan tidak pernah mengeluarkan izin, dari hasil catatan hanya 33 perusahaan di Kabupaten Bangka Selatan yang masuk data elektronik kami dalam proses perizinan,” tegas Juliandi saat ditemui langsung diruangan kerjanya.

Lebih lanjut Juliandi menyarankan agar awak media meminta keterangan juga ke Dinas Pekerjaan Umum bidang tata ruang pemkab Bangka Selatan.

“Untuk lebih detailnya, ke PU saja agar lebih jelas,” sarannya.

Sekedar diketahui Pemkab Bangka Selatan pada tahun 2023, jalur dari simpang nanas, seputaran jalur masuk ke area perkantoran Pemkab Basel akan masuk tahapan proses titik pembangunan pendestrian tata ruang kota Toboali. (Red)