Pondok Pesantren Syekh Salman Daim Darus Shofa Bangka Selatan di Resmikan

Penulis : Bambang
Editor : Dedy

BE.com

Toboali, Beletinexpres.com — Peresmian Pondok Pesantren Yayasan DR. Syekh Salman Daim Darus Shofa Kabupaten Bangka Selatan yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, yang mewakili Bupati Basel Riza Herdavid, hadir juga Kapolres Bangka Selatan, serta Kepala Desa Gadung, Kamis, (12/01/2023)

Pondok pesantren Darus Shofa yang terletak di jalan Bukit Tepitew Dusun Tambang Sembilan Desa Gadung Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan ini, ternyata telah dirintis pada tahun 1993 dengan tujuan menciptakan ulama intelektual, serta menjadi kan pemimpin ulama yang benar benar ulama sesuai dengan visi misi pondok pesantren Darus Shofa.

Ketua pengurus pondok pesantren Anwar Sazali,M.pd mengatakan, kalau
Pondok pesantren Darus Shofa Toboali adalah cabang ke tiga dari bandar tinggi Medan, Riau yang dirintis pada tahun 1993 oleh Buya Syekh Salman Daim.dan dilanjutkan oleh anak laki lakinya Anwar Sazali,M.pd dengan sistem pendidikan terpadu dan berasrama.

“Dengan dukungan lingkungan yang asri, Pondok Pesantren Darus Shofa berupaya untuk mencetak manusia yang muttafakuh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat, menjadikan santri yang memiliki jiwa keihklasan , kemandirian, ukhuwah islamyah kebebasan berfikir dan berprilaku atas dasar Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah S.W.T,” kata Ketua pengurus pondok pesantren Anwar Sazali,M.pd

Sebagai pesantren modern, santri Pondok Pesantren Darus Shofa mempunyai pemikiran terbuka dan tanpa menghilangkan unsur peran Islam, disiplin dan kesederhanaan di aplikasikan dalam lingkungan pondok pesantren sehari hari .

“Dalam pengajaran dipondok pesantren ini dengan guru/ustad dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren modern dari berbagai daerah,” jelas Anwar Sazali,M.pd

Sementara harapan dari Kepala Desa Gadung dalam sambutannya menyampaikan banyak beribu terimakasih atas berdirinya pesantren yang ada di desa ini, dan dapat bermanfaat.

“Semoga saja dengan hadir nya Pondok Pesantren ini dapat bermanfaat untuk pendidikan keagamaan bagi anak anak kita,” kata Kades Gadung

Ditempat yang sama, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Basel, Sumadi menerangkan, dengan hadir nya Ponpes Syekh Salman Daim Darus Shofa dapat meningkatkan ahlak anak bangsa, agar anak anak bukan cuma hanya sekolah cukup tamat SMA, sehingga dapat berkembang dan meningkatkan peluang.

“Pondok pesantren ini menjadi suatu wadah yang sudah disiapkan oleh yayasan pondok pesantren DR.Syekh Daim, kami dari pihak dinas pendidikan Kabupaten Basel, sangat mengapresiasi atas berdirinya pondok pesantren ini agar kita bangun komunikasi dan konsultasi,” terang Kadis Pendidikan Basel Sumadi

“Seiring dengan perkembangan teknologi agar anak anak kita di jaga terhadap handphone yang kita berikan kepada anak karena kurang kontrolnya orang tua dikarenakan banyaknya unsur maksiat. Semoga harapan harapan ini bisa membawa perubahan di Kabupaten Bangka Selatan, agar anak anak kita semakin bertaqwa kepada Allah SWT,” harapnya.

Dan kabarnya pihak Dinas Pendidikan akan membagikan seragam sekolah, sesuai visi dan misi Bupati Bangka Selatan untuk yang siswa baru agar dapat meringankan beban orang tua murid.

“Dengan adanya wacana untuk perkembangan jalan dan listrik kita berharap agar dapat berkembang sebagaimana mestinya sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya. (Red)