Sampah Non Medis RSUD Basel Berserakan, Bau Busuk nya Ganggu Keluarga dan Pasien

Penulis : Jhon

BE.com

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Bau busuk dari sampah non medis yang berserakan di halaman belakang Ruang Inap Cendrawasih RSUD Bangka Selatan meresahkan warga.

Pasalnya, tumpukan sampah itu sengaja dibuang tergeletak dilingkungan RSUD tersebut terkesan adanya pembiaran.

Penanggung jawab Kebersihan RSUD Basel, Agus Setiawan saat dikonfirmasi awak media Tim Jobber (Journalis Babel Bergerak) membenarkan saat ini terjadinya penumpukan sampah di lingkungan RSUD Basel.

Menurut Agus, penumpukan sampah ini terjadi disebabkan kontainer sampah di rumah sakit mengalami kerusakan, sehingga sampah tidak tertampung lagi dan menimbulkan bau busuk.

“Kerusakan kontainer itu sudah dilaporkan oleh pihak rumah sakit kurang lebih 4 bulan yang lalu, tetapi jawaban dari pihak DLH Basel menyebutkan sabar dan tunggu,” kata Agus kepada wartawan, Kamis (05/01/2023)

Ia mengatakan, dengan kejadian ini pihak rumah sakit mendapat keluhan dari keluarga pasien.

“Akibat keterlambatan pengangkutan sampah non medis ini, pihak rumah sakit mendapat keluhan dari keluarga pasien, karna menimbulkan aroma yang kurang sedap,” katanya

Agus menjelaskan, kalau keluhan dan tumpukan sampah berserakan yang menyebabkan bau tidak sedap tersebut telah disampaikan kepada Direktur rumah sakit.

sampah non medis yang berserakan di halaman belakang Ruang Inap Cendrawasih RSUD Bangka Selatan

“Kami berharap kepada pihak LH sesegera mungkin untuk mengatasi masalah tumpukan sampah serta bau yang tidak sedap itu,” harapnya

Dihari yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Basel, Heppy saat dikonfirmasi, mengatakan memang bener kontainer sampah di lingkungan rumah sakit rusak.

Rusaknya kontainer sampah itu pihak LH sudah mengangkut sampah yang numpuk dan berserakan di lingkungan rumah sakit

“Besok atau lusa DLH menyiapkan kontainer sampah untuk menampung sampah agar sampah rumah sakit tidak terjadi penumpukan dan menimbulkan bau tidak sedap,” janji Heppy.(Tim Jb)