2 Alat Berat Beraktivitas di Area Tambang Timah Kelurahan Kenanga Samping Kuburan Islam

Penulis : Edoy
Editor : Ahada

BE.com

Sungailiat, Buletinexpres.com — Tambang Timah berskala sedang yang beroperasi disebelah pemakaman umat Islam, Kelurahan Kenanga Sungailiat Kabupaten Bangka, diduga masih beraktivitas.

Pasalnya, pada saat awak media Tim Jobber (Journalis Babel Bergerak) berada di lokasi, terpantau dua alat berat sepertinya sedang menggali bongkahan tanah agar lebih dalam lagi.

Padahal aktifitas tambang yang disinyalir milik Marcos tersebut sudah mendapat peringatan untuk berhenti dari Kapolres Bangka AKPB Indra Kurniawan.

Kendati demikian, aktivitas Tambang tersebut masih tetap exis beroperasi, walau sudah ada ultimatum dari Aparat Kepolisian.

Dilain tempat Lurah Kenanga Hari Rusman saat dikonfirmasi Tim Jobber terkait izin aktivitas penambangan yang disinyalir ilegal itu, tidak mengetahui ada tidak nya perizinan untuk menambang di area tersebut.

Ia hanya tahu kalau penambangan tersebut sudah tidak beroperasi lagi.

“Terkait ada tidaknya izin, pak lurah kurang tahu, atau abang langsung ke Satpol PP Kabupaten Bangka bang, soalnya kemaren tanggal 14 Desember sudah kelapangan tim dari Satpol PP, dan kami juga dapat informasi dari ketua RT tidak ada lagi aktifitas penambangan,” terang Lurah Kenanga Hari Rusman, Selasa (27/12/2022)

Setelah mengetahui kabar jika tambang timah tersebut masih membandel, Hari Rusman dengan tegas akan berkordinasi kembali dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka.

“Siap bang, Terima kasih informasinya, nanti kami teruskan ke Satpol PP,” tegasnya.

Disinggung apa benar lokasi tambang tersebut akan dibuat perumahan dan kolam ikan, justru Lurah Kenanga Hari Rusman tidak mengetahui nya.

“Maaf bang, untuk teknis dilapangan pak Lurah kurang tahu juga,” akunya.

“Mungkin mereka tidak mau rugi bang, mumpung ada timahnya,” sambungnya.

Terpisah Kasat Pol PP Bangka Toni Mirza, akan segera mengecek kembali lokasi tambang timah yang sudah pernah ditertibkan oleh mereka.

“Besok kite cek, terimakasih,” jawabnya singkat.

Sementara tumpukan tanah bekas galian tambang masih terlihat meninggi di sisi Jalan TPA Kenanga, menuju ke arah pabrik tapioka. (Tim Jb)