Fakta Armada PIP Masih Beroperasi di Laut Mengkubung

Penulis : Edoy

BE.com

Pangkalpinang, Buletinexpres.com — Diperkirakan Puluhan armada Ponton Isap Produksi (PIP) diduga masih beroperasi di perairan laut Mengkubung Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka.

Kendati sudah berkali kali ditertibkan oleh Aparat Penegak Hukum dari satuan Direktorat Polairud Polda Babel, namun nampaknya penambangan timah yang disinyalir ilegal tersebut, terkesan menantang dan tidak takut sama sekali dengan APH.

Dalam tayangan vidio yang diterima Tim Jobber (Journalis Babel Bergerak), jelas tertera remark yang menunjukkan waktu pengambilan vidio pada tanggal 10 Desember 2022, pukul 11.04.19 WIB beserta titik koordinatnya, tepat pada hari Kamis, (10/12/2022)

Vidio yang berdurasi 34 detik tersebut adalah pembuktian nelayan dengan masih adanya aktifitas para penambang yang sedang bekerja di perairan laut Mengkubung, dan bahkan nampak dari kejauhan puluhan ponton yang berjejer.

Informasi yang berhasil dirangkum dari seorang nelayan yang berhasil dihubungi salah satu tim Jobber menerangkan, kalau aktivitas PIP ilegal yang baru saja ditertibkan oleh Aparat Penegak Hukum itu ternyata masih saja beroperasi.

“Saya baru saja lewat tadi bang, banyak tu yang di Mengkubung. ado sekitar 50 Ponton, ponton selam dan rajuk tower,” terang sumber yang tidak mau disebut namanya, kepada tim Jobber lewat percakapan celluler.

Ia menjelaskan, jika perairan Mengkubung sama sekali tidak ada IUP PT Timah. Dan merebak kabar kalau perairan Mengkubung harus steril dari segala macam penambangan.

“Kalau Mengkubung itu tidak ada IUP bang, kecuali di Dante, itupun ada yang didalam IUP ada juga yang bekerja di luar IUP, cuma saya lihat tadi kalau di Dante tidak ada lagi yang bekerja,” jelasnya

“Saya dengar kalau mengkubung ini mau dibersihkan sama Aparat Penegak Hukum bang,” sambungnya.

Disinggung adakah orang yang mengkordinir dan nekad beroperasi walaupun baru sehari ditertibkan, ia menyebutkan satu nama oknum Wr

“Ada oknum namanya Wrt bang, padahal baru kemaren di tertipkan sama Polairud, tapi yang 50 ponton itu tetap bekerja, nah sih oknum itu bilang, kalau dia tetap mau bekerja,” ungkapnya.

Hanya sayang nya, Tim tidak berhasil mendapatkan akses cellular oknum yang di maksud.

“Kami tidak ada nomornya bang,” katanya.

Hal senada juga di katakan oleh salah satu nelayan Is, kalau tambang di perairan Mengkubung hingga saat ini masih beraktivitas.

“Kalau Mengkubung masih bang, ,cuma yang Dante yang sudah stop,” kata Is.

Terpisah Kasubdit Gakkum Kompol Indra Feri Delimunte saat dikonfirmasi media ini, dengan tegas mengatakan, akan segera menertibkan kembali aktivitas PIP di laut Mengkubung.

“Terimakasih info nya bang, nanti kita tertibkan lagi,” tegas Kompol Indra Feri Delimunte, melalui akun WhatsApp nya. (Tim Jb)