GARIS Babel Gelar Aksi Donor Darah,

BE.com

Bangka, Buletinexpres.com — Sedekah darah. Begitulah yang diucapkan Mohammad Efendi, salah satu Pengurus Daerah Garda Relawan Indonesia Semesta (GARIS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Efendi mengaku ikhlas mendonorkan daerahnya, sebagai wujud keperdulian dan kecintaannya kepada sesama yang membutuhkan darah.

“Jika kita belum bisa bersedekah uang ataupun harta, maka sedekah darah ini juga bisa kita lakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” ujar Efendi, saat dirinya mendonorkan darah pada kegiatan Donor Darah GARIS Bangka Belitung, Kamis (10/11/2022).

Aksi donor darah yang digelar DPD GARIS Babel ini bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November.
Kegiatan yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Bangka ini, dilaksanakan di Taman Kota Hutan Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sama halnya dengan Mohammad Efendi, seorang relawan donor narah Nilawati juga mengaku tertarik untuk mendonorkan darahnya, sebagai wujud aksi kemanusiaan.

“Saya donor darah ini ikhlas untuk membantu sesama kita yang membutuhkan darah,” ujar siswa salah satu SMA di Sungailiat ini.

Selain M Efendi dan Nilawati, ada sekitar 40 orang yang terdiri dari Ppengurus DPD GARIS Babel, Relawan GARIS dan masyarakat sekitar Kota Sungailiat, mengikuti kegiatan aksi donor darah yang digelar DPD Garis Babel, pada Kamis (10/11/2022). Hanya saja, dari 40 an peserta yang mendaftar tersebut, hanya 30 orang yang bisa mendonorkan darahnya.

Sementara yang lainnya, bellum bisa mendonorkan darah, karena terkenda dengan tensi darah dan tingginya HB saat diperiksa petugas PMI Kabupaten Bangka.

“Alhamdulillah, meski sederhana dan tidak terlalu dipublis, namun peserta yang ikut bisa mencapai 40 an peserta,” ujar Ketua DPD GARIS Babel, Aboul A’la Almaududi SH.

Dijelaskan Aboul, kegiatan donor darah ini merupakan aksi keperdulian GARIS Babel terhadap sesama yang membutuhkan darah.
Kegiatan ini, kata Aboul, menjadi tali temali setelah pada Sabtu (22/10/2022) lalu GARIS Babel mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

“Aksi donor darah ini memang menjadi satu rangkaian dari kegiatan kita deklarasi dukungan terhadap Pak Ganjar Pranowo. Seperti yang telah kita musyawarahkan pada saat deklarasi beberapa waktu lalu, bahwa kita akan gass pol,” tukas Aboul.

Alasan digelarnya donor darah ini, kata Aboul, karena bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional.
Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan Nasional ini, lanjut Aboul, Pengurus GARIS Babel mengajak kepada seluruh masyarakat Bangka untuk menjadi pahlawan, meski hanya pahlawan menyumbangkan darah.

“Semua kita bisa menjadi pahlawan, walaupun itu hanya perjuangan ataupun pengorbanan yang kecil. Salah satunya Pahlawan sebagai pendonor darah, yang tentunya sangat dibutuhhkan oleh saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan darah,” ungkap Aboul.

Aboul mengatakan, Pengurus DPD Garis Babel bersama Pengurus DPC Kabupatan dan Kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar sejumlah kegiatan lainnya dalam waktu dekat ini.

“Kita akan menggelar beberapa kegiatan yang merakyat, seiring kita juga akan mensoialisasikan Calon Presiden kita Pak Ganjar Pranowo,” ucap Aboul. (red)