Jalan Rusak Parah, Warga : Bupati Kami Tidur

Penulis : Edoy

BE.com

Bangka Tengah, Buletinexpres.com — Akses jalan mulai dari Desa Kerakas sampai Desa Kemingking Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah rusak parah dan berlubang, sehingga disaat musim penghujan ini jalan tersebut penuh digenangi air.

Ironis nya lagi, dari keterangan beberapa warga setempat, jalan rusak itu sudah berlangsung sekian tahun lamanya.

“Sudah lama jalan ni rusak pak, lah ade dua tahun,” ujar warga kepada Tim JoBber (Journalis Babel Bergerak), Sabtu (27/08/2022)

Kendati demikian, tampaknya belum ada perhatian dari dinas terkait, baik Kabupaten maupun Provinsi, terkait jalan yang sudah cukup lama dibiarkan rusak.

Warga menanti agar segera dilakukan perbaikan. Karena beberapa jalan dilaporkan mulai mengalami kerusakan, terutama saat musim hujan datang seperti sekarang.

“Bupati kami ni turu (Red-tidur), jadi dak tau kalau jalan di Desa kami ni rusak pak,” cetus sumiati yang rumah nya tepat didepan jalan yang rusak dan berlubang.

Ia menambahkan sudah berapa kali terjadi kecelakaan, terutama pengendara roda dua yang melintas dijalan tersebut, terutama pada saat musim hujan, selain licin lubang jalan yang rusak tersebut sangat dalam.

“Sudah sering terjadi kecelakaan disini pak, apa lagi musim hujan, kadang kami sering lah gotong royong nutup lubang jalan tu sama tanah, tapi hanya bertahan sebentar,” sebutnya.

Dia berharap, segera ada perhatian dari Dinas terkait. Terlebih setiap harinya akses jalan penghubung antara Bangka Tengah dan Bangka Selatan tersebut terpantau ramai.

”Ini jalur ramai, orang ke Bangka Selatan lewat sini. Lebih dekat kalau lewat disini karena perbatasan Bangka Tengah dengan Bangka Selatan,” harapnya.

Pantauan Tim JoBber di lapangan, beberapa kawasan yang dikeluhkan seperti Desa Kerakas, jalan raya Desa Kemingking Kabupaten Bangka Tengah. Bahkan sampai ke Jl. Sekolah Desa Payung Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan.

Jalan Sekolah Desa Payung Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan mengalami hal yang serupa

Sebagian besar mengalami kerusakan dan berlubang. Aspal pun mulai banyak mengikis dan saat hujan air akan menggenang pada setiap jalan yang berlubang. Kondisi itu sangat dikeluhkan lantaran berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Nanti kalau lah mau nyalon lagi, mau deket pemilu, baru nanti Bupati lewat kampung kami pak,” celetuk warga lainya

Terpisah Bupati Bangka Tengah Algafri Alrahman kepada Tim JoBber menerangkan, jika jalan rusak yang masuk wilayah nya tersebut merupakan jalan Provinsi, katanya ia akan menyampaikan ke Bina Marga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Salam, mohon maaf bang jalan tersebut sepertinya jalan Propinsi bang, kami akan teruskan ke bina marga propinsi bang, makasih,” jawab Bang Ayi panggilan akrabnya, saat dihubungi Tim JoBber melalui akun WhatsApp nya.

Sementara Kepala Dinas PU Bangka Tengah, Rahmat belum bisa dihubungi saat media ini menghubunginya, pesan yang dikirimkan melalui laman WA nya tidak aktif, sehingga berita ini diterbitkan.
(Tim Jb)