Bupati Bangka Ingginkan PKK Selalu Menjaga Kekompakan

BE.com

Sungailiat, Buletinexpres.com — Tema Peringatan Hari Kesatuan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) ke-50 Tahun 2022 ini adalah “50 Tahun Gerakan PKK Berbakti ntuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama”, tema ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK. Tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, saat membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022, di Hotel ST12 Sungailiat, Selasa (23/08/2022).

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-50 kali ini dikatakan Yusmiati menjadi sangat istimewa, karena hari ini merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya menginginkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya apa? Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita keluargalah juga yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Sesuai dengan tema tersebut, Yusmiati menyampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran tim penggerak PKK, para kader PKK, dan kader dasawisma yaitu, pertama jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bagi bakti PKK untuk bangsa; kedua, berbagi untuk sesama dan saling membantu merupakan inti program gerakan PKK.

“Selain itu, momentum peringatan HKG-PKK kali ini, juga harus mampu kita daya gunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana disepakati bersama dalam forum rapat kerja nasional atau rakernas ke-IX PKK tahun 2021,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Mulkan SH.,MH mengatakan bahwa di usia yang ke- 50 tahun banyak yang telah dilakukan oleh gerakan PKK dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bangka, hal tersebut tercipta karena kekompakan, kerja keras dan keberanian serta kinerja PKK.

Mulkan berharap gerakan PKK kembali ke ruhnya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga, berarti keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus diberdayakan, karena keluarga ada unit terkecil di masyarakat.

“Apabila keluarga – keluarga di Mempawah ini dapat kita berdayakan sesuai potensi dan kebutuhannya, berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” terangnya. (Red)

Sumber:
Dinkominfotik Bangka