PIP Mengkubung dan Kianak Disinyalir Beraktifitas Malam Hari

BE.com

Pangkalpinang, Buletinexpres.com — Sedikitnya puluhan Ponton Isap Produksi (PIP) beraktifitas pada malam hari di Perairan pantai pesisir pulau Mengkubung, atau yang biasa dipanggil laut Mengkubung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Informasi keberadaan PIP yang beraktifitas kucing kucingan pada malam hari ditengah laut Mengkubung tersebut didapat dari beberapa warga yang menghubungi redaksi Buletinexpres.com

Sementara diketahui, kawasan Teluk Kelabat termasuk perairan Mengkubung, Sunur, Tanjung Batu, Pulau Dante dan Pulau Kelapo merupakan kawasan yang sedang ditertibkan pemerintah maupun aparat penegak hukum (APH).

Menurut pengakuan nelayan, sebut saja Ek, ada beberapa nama yang mengkodinir tambang di laut Mengkubung, diantaranya Jhn dan Yd.

“Sepertinya itu Johan bang yang mengkordinir semua tambang di Mengkubung, ada juga saya dapat info yang pegang pam Kasim dulu, sekarang dipake Yadi, warna atap Pam nya biru,” sebut Ek kepada redaksi melalui dinding WhatsApp, Sabtu (25/06/2022) sore

“Saya dapat info, malam ini kerja jam 10 malam bang,” ujarnya

Hal serupa pun dikatakan Sul, jika terdapat beberapa kelompok penambang yang beraktivitas di kawasan Laut Kelabat, termasuk perairan Mengkubung.

(Vidio aktifitas PIP pada malam hari)

“Yang kami dengar para penambang ini memiliki kelompok-kelompok Bang, ada kelompok Ks, kelompok Jhn. Mereka ini bekerja sesuai koordinasi masing-masing kelompok,” tukas Sul

Sementara Info dari warga lainnya, di perairan Primping Pulau Kianak juga melakukan aktifitas tambang nya pada malam hari.

“Di Kianak juga kerja malam semua bro, rame ponton yang kerja,” kata Ag melalaui pesan singkatnya, Minggu (26/06/2022)

Sementara sampai berita ini diterbitkan, Jhn yang disebut sebut sebagai kordinator semua penambang di Mengkubung belum dapat dihubungi, media ini sudah mencoba menghubungi lewat panggilan WhatsApp dan selulernya, tapi tidak diangkat, sementara pesan WA belum dibaca.

Begitupun Kasat Polair Bangka Iptu Supanto saat dikonfirmasi melalui dinding WhatsApp belum memberi jawaban, meskipun pesan WA media ini sudah terbaca, ditandai dengan bukti centang dua biru.

Penulis : Edoy