Masyarakat Pangkal Niur Dapat Bantuan Ambulance, Agus : Program Selanjutnya Satu unit Bus Sekolah

BE.com

Pangkalpinang, Buletinexpres.com — Ada kabar gembira untuk masyarakat Desa Pangkal Niur Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam waktu dekat ini, satu unit mobil ambulance akan menjadi milik masyarakat Desa Pangkal Niur. Mobil ini nantinya bisa digunakan untuk transportasi masyarakat yang sedang dalam kondisi kurang sehat, dan butuh perawatan ke puskesmas ataupun rumah sakit.

“Kita bersyukur satu unit mobil ambulance sedang dikerjakan pihak Daihatsu. Mudah-mudahan dalam satu Bulan ke depan sudah bisa kita bawa ke Desa Pangkal Niur. Kalo untuk hal-hal yang berkaitan dengan administrasi mobil ini sudah kelar. Hanya nunggu selesai karoserinya saja,” ujar Agustino, Koordinator Penambang Rakyat Desa Pangkal Niur kepada wartawan, Senin (23/05/2022) di Dealer resmi Sorum Daihatsu Jalan Soekarno-Hatta, samping Kantor Camat Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah.

Sebagai Koordinator Pospam Tanjung Sunur, mantan Kades Pangkal Niur ini juga meminta masyarakat untuk bersabar, karena mobil ambulance yang sudah dipesan baru bisa datang ke Pangkal Niur akhir Juni 2022 mendatang.

“Hari ini penyerahan kunci secara simbolis, bahwa tandanya kita sudah selesai pemesanan, hanya tinggal tunggu selesai saja,” tukas Agustino

Diakui Agustino, selain menyediakan transportasi mobil ambulance, pihaknya juga sedang menyiapkan mobil Bus Sekolah untuk anak-anak sekolah di Desa Pangkal Niur.

Agustino kemeja merah saat diwawancarai awak media

“Setelah selesai mobil ambulance ini, kita juga akan menyiapkan satu unit Bus Sekolah. Jika kondisi normal dan berjalan sesuai yang kita harapkan, Bus Sekolah ini kita targetkan akhir tahun ini ada,” janji Agustino

Dikatakan Agus, berkat rezeki yang mereka kumpulkan dari para penambang di Tanjung Sunur, sejumlah program untuk masyarakat bisa dilaksanakan, antara lain pemasangan KWH listrik gratis kepada warga yang kurang mampu.

“Baru empat rumah yang sudah selesai kita pasang KWH listriknya. Nanti secara bertahap akan kita pasang juga yang lain,” ujar Agustino

Progaram lainnya yang sudah dilakukan adalah pembagian bantuan tunai untuk masyarakat kurang mampu sebesar Rp 300.000 per keluarga. Untuk tahap petama sebelum Idul Fitri 1443 H sudah dibagikan Rp 250.000 perkeluarga.

“Total anggarannya Rp 300 juta yang kita bagikan kepada masyarakat. Sedangkan untuk Idul Adha ini kita usahakan menyiapkan sekitar 5 ekor sapi korban. Doakan semoga usaha kita ini dimudahkan,” ungkap Agustino

Menyikapi pro kontra yang terjadi di tengah masyarakat sekarang ini, Agustino berharap masyarakat bisa kompak, guna menghindari gejolak yang akhirnya merugikan semua masyarakat Desa Pangkal Niur.

“Harapan kita, kalo bisa jangan ada gejolak, jangan terkotak-kotak. Hasilnya kan untuk masyarakat juga. Kalo misalnya ada yang ingin disampaikan oleh masyarakat kepada kami, bisa langsung kita ketemu. Sehingga apa yang diinginkan dan dibutuhkan bisa kita pecahkan bersama,” pungkasnya

Senada apa yang dikatakan Agustino, dibenarkan oleh Kepala Cabang Dealer Daihasu Bangka Yusuf Hartono, usai memberikan kunci mobil secara simbolik kepada perwakilan warga Desa Pangkal Niur, di Kantor Dealer Daihatsu Cabang Bangka, Senin (23/5/2022) siang.

“Iya benar, mobil ambulance nya sedang kita selesaikan di bengkel karoseri di Jakarta. Jika tidak ada halangan, kita yakinkan pada akhir bulan Juni 2022 nanti sudah bisa dibawa ke Desa Pangkal Niur,” ujar Yusuf saat diwawancarai awak media ini

Ia meminta maaf kepada pihak pemesan maupun masyarakat Desa Pangkal Niur. Pada kondisi normal, kata Yusuf, untuk karoseri mobil ambulance ini membutuhkan waktu satu bulan. Namun, karena beberapa bulan belakang pesanan menumpuk dan juga dipengaruhi libur panjang, membuat beberapa pesanan ambulance juga mengalami kemunduran dalam penyelesaiannya.

Kepala Cabang Dealer Daihatsu Bangka Yusuf Hartono,

“Tetapi kita akan terus pantau, agar penyelesaian mobil ini bisa tepat waktu akhir Juni 2022 ini. Tadi sudah kami cek ke Jakarta, dan benar sekarang sedang dalam pengerjaan,” tukas Yusuf.

Sebagai Kepala Cabang PT Tri Mandri Selaras, pihaknya mengucapkan kepada masyarakat Desa Pangkal Niur yang mempercayai Daihatsu sebagai dealer untuk menyiapkan mobil ambulance.

“Terimakasih juga Pak Agus atas pemesanan ini. Kami doakan semoga mobil ini nantinya bermanfaat untuk masyarakat Desa Pangkal Niur,” ujar Yusuf.

Dikatakan Yusuf, kepada masyarakat desa lainnya yang ingin memiliki mobil ambulance seperti Desa Pangkal Niur, juga bisa datang ke Dealer Daihatsu di Jalan Soekarno-Hatta, samping Kantor Camat Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah.

“Kami siap melayani, untuk mewujudkan kebutuhan masyarakat,” tutupnya (red)