Tambang Timah di Pinggir Jalan Raya Mapur Didemo Warga

BE.com

Pangkalpinang, buletinexpres.com — Beredar vidio aktifitas tambang timah jenis rajuk beroperasi di pinggir jalan raya Desa Mapur Dusun Tuing Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka di demo warga, Jumat (06/05/2022)

Vidio yang berdurasi kurang lebih 28 menit tersebut memperlihatkan lokasi tambang yang memang dekat dengan  jalan umum warga, serta beberapa alat tambang didalam lobang yang cukup besar, dan puluhan warga yang mendatangi lokasi tambang.

Foto hasil scrensod

Kabar yang diterima redaksi warga menolak tambang timah yang diduga ilegal tersebut karena terlalu dekat dengan jalan raya, karena dikawatirkan dapat merusak akses jalan dan tidak ada yang bertanggung jawab.

“Ini TI yang meresahkan warga Desa Mapur, beroperasi di dekat jalan umum kurang lebih tujuh meter, waduh para para,” komentar warga yang ada didalam vidio

Selanjutnya keterangan dari warga Mapur, pembukaan lahan tambang tersebut menggunakan alat berat jenis exavator, setelah didemo warga alat berat tersebut sempat ditarik kembali dari area tambang.

“Pembukaan tambang mengunakan alat berat jenis pc-200, Setelah tambang rajuk beroprasi PC 200 di tarik kembali pak,” Sebut H warga Mapur dikutip dari dinding WhatsApp nya

“Diduga area tambang masuk area iup PT. Timah pak, tapi area tambang yang terlalu dekat dengan jalan utama Mapur, jadi warga mapur khawatir imbasnya merusak jalan dan takutnya tidak ada yang bertangung jawab,” lanjutnya

Terkait aksi warga tersebut, media ini meminta konfirmasi kepada Kapolsek Riau Silip AKP Eka Noprianto Zein, untuk meminta tanggapannya, tentang kebenaran informasi dari warga Mapur yang melakukan demo kepada penambang.

Tetapi sampai berita ini diterbitkan belum ada tanggapan dari Kapolsek Riau Silip, terkait aktifitas tambang dan demo warga di pinggir jalan Desa Mapur.