Pers Jadi Garda Depan Untuk Ujutkan Pilkada Serentak 2024

Penulis : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Bawaslu Basel gelar sosialisasi pengawasan partisipatif peran media di Garda depan, untuk mewujutkan pengawasan Pilkada serentak 2024 yang transparan.

Sosialisasi tersebut digelar di-Grand Marina Hotel, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (22/10/2024).

Koordinator Divisi Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Sabihis mengatakan, Kegiatan ini sosialisasi partisipatif dengan mengundang seluruh media di Bangka Selatan bertujuan untuk mengawal Pilkada 2024 agar transparan.

“Kami mengajak kawan-kawan media untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan, agar di Pilkada ini tidak terjadi hoak, fitnah dan sara,” kata Sabihis setelah selesai acara.

Sabihis juga menerangkan, bahwa Pers adalah pilar demokrasi, jadi hidup atau tidaknya demokrasi tergantung insan Pers. Untuk itu, Diharapkan kepada media untuk ikut adil mengedukasi masyarakat.

“Dengan kawan-kawan media ini adalah salah satu dari pilar demokrasi, tentunya kehadiran beliau-beliau ini sangat diharapkan karena hidup atau tidaknya demokrasi ini adalah tergantung kawan-kawan media,” terangnya.

“Jadi kami berharap kepada kawan-kawan media agar ikut adil mengedukasi masyarakat untuk menyebarkan informasi sesuai regulasinya dan tidak mengada-ngada,” harap Sabihis.

Tak hanya itu, saat dipertannyakan awak media terkait indikasi pelanggaran, Sabihis menjawab, bahwa mereka sudah melakukan pencegahan terlebih dahulu, seperti himbau kepihak terkait.

“Sampai saat ini saya hubungi Pak Kordif Azhari tadi bahwasanya untuk di masa kampanye ini belum ada pelanggaran,” jawab Sabihis.

“Untuk indikasi pelanggaran saya selaku divisi pencegahan, untuk pencegahan dalam setiap tahapan itu telah kami lakukan supaya tidak terjadi pelanggaran, artinya himbauan kepada Pak Kades, ASN, TNI dan Polri, agar netral di dalam Pilkada ini dapat terjaga,” pungkas Sabihis. (Red/BE).