Pjs Bupati Basel Hadiri Panen Raya Desa Rias

Penulis : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Panen raya Desa Rias dalam Upaya Khusus (Upsus) optimalisasi lahan rawa tahun 2024, dihadiri Pjs Bupati Bangka Selatan, yang dilaksanakan di persawahan Desa Rias, Toboali, Selasa (15/10/2024) pagi.

Pjs Bupati Bangka Selatan, Elfin Elyas menyampaikan apresiasi kepada para petani yang telah bekerja keras serta mendukung program Upsus ini.

Beliau menekankan pentingnya kerja sama antara Pemerintah Daerah dan para petani untuk meningkatkan produktivitas lahan rawa.

“Program optimalisasi lahan rawa ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produksi padi, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani lokal,” kata Elfin.

Elfin Elyas juga menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah dalam memperkuat ketahanan pangan serta memperluas lahan pertanian produktif di Bangka Selatan.

Dan Pemerintah akan terus mendampingi para petani agar program Upsus ini berjalan dengan lancar, agar menghasilkan hasil yang maksimal.

“Kami berharap dengan adanya panen raya ini, semangat para petani tetap terjaga untuk terus mengembangkan potensi pertanian di Bangka Selatan,” harapnya.

Sementara itu, Plt. Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Bangka Selatan, Risvandika turut menjelaskan, bahwa panen raya Upsus optimalisasi lahan rawa di Desa Rias, supaya menjadi salah satu langkah konkret dalam meningkatkan ketahanan pangan di Bangka Selatan.

Serta arget dari program ini adalah peningkatan indeks pertanaman dari IP 2 menjadi IP 3.

“Secara keseluruhan, pada tahun 2024, Bangka Selatan mendapatkan alokasi program Upsus optimalisasi lahan rawa seluas 6.601 hektar,” terang Risvandika.

Dengan adanya program ini, diharapkan Bangka Selatan bisa menjadi salah satu Daerah yang mandiri pangan bahkan mampu menyuplai kebutuhan pangan, khususnya beras, untuk masyarakat lokal dan sekitarnya.

“Melalui program ini, kami berharap lahan rawa yang selama ini kurang optimal bisa lebih produktif dan memberikan hasil panen yang lebih banyak,” harap Risvandika. (Red/BE).