Timnas Indonesia Tumbang 2-1 Atas China

BE

Penulis : Rizki

China, Buletinexpres.com – Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan China. Squad Garuda harus merasakan kekalahan 2-1 atas China di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2026 grup C.

Kekalahan ini merupakan kekalahan pertama bagi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia, setelah sebelumnya mendapatkan hasil imbang di 3 pertandingan pertama.

Pertandingan ini sendiri digelar di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, China Selasa (15/10/2024) jam 19.00 WIB.

Pada babak pertama sebenarnya Timnas Indonesia menguasai jalannya pertandingan, dengan menerapkan permainan terbuka, anak asuhan Shin Tae-Yong berhasil menekan lini pertahanan China.

Namun, pada menit ke-21 Timnas Indonesia harus kebobolan terlebih dahulu melalui gol yang di ciptakan oleh Behram Abduwelli memanfaatkan umpan hasil kesalahan pemain bertahan Timnas Indonesia, Skor 1-0 untuk keunggulan China.

Tak lama berselang China kembali menambah gol menjadi 2-0 melalui kaki Yuning Zhang yang berhasil memanfaatkan umpan trobosan akurat dari Zhunyi Gao pada menit ke-44, skor 2-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Sty melakukan beberapa pergantian pemain untuk merubah taktik permainan. Masuknya Thom Haye, Marselino Ferdinan, dan Rizky Ridho memberi sedikit warna bagi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia terus menguasai permainan, menciptakan beberapa peluang ke arah pertahanan China, namun sayang rapatnya pertahanan China membuat serangan Timnas Indonesia menjadi sia-sia.

Gol yang ditunggu bagi Timnas Indonesia akhirnya tercipta melalui kaki Thom Haye pada menit ke-87 memanfaatkan bola lemparan ke dalam Pratama Arhan yang gagal di antisipasi oleh pemain China. Bola meluncur mulus ke jala gawang China, skor 2-1 untuk keunggulan sementara China.

Wasit memberikan tambahan waktu 9 menit, namun di perpanjangan waktu yang panjang tersebut, Timnas Indonesia gagal untuk mengejar ketertinggalan atas China, alhasil skor 2-1 bertahan hingga laga usai untuk kemenangan China.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia tetap berada di posisi ke-5 urutan klasemen sementara grup C dengan mengumpulkan 3 poin dari hasil 3 laga imbang dan 1 laga kalah. Sementara itu, China tetap berada di posisi ke-6 dengan 1 kali menang dan 3 kali kalah. (Red/BE)