Bawaslu Basel Ajak Masyarakat dan Pelajar Awasi Pilkada 2024

Laporan : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan melalui jajaran Panwaslu Kecamatan Air Gegas menyelenggarakan sosialisasi bertajuk “Pengawasan Partisipatif pada Pilkada Serentak Tahun 2024”, yang berlangsung di pemancingan Awek Fishing Desa Bencah. Senin (07/10/2024).

Acara ini bertujuan mengedukasi masyarakat dan pemilih baru tentang pentingnya pengawasan dalam pelaksanaan pemilu.

Azhari, Koordinator Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bangka Selatan, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam mencegah potensi pelanggaran di Pilkada, dimulai dari keluarga masing-masing.

Supaya mengajak peran serta masyarakat karena pemilu atau pemilihan bukan tanggung jawab penyelenggara saja tetapi juga menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama mensukseskan mengawal pesta demokrasi jangan sampai tercurangi

“Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dan tidak melakukan pelanggaran, termasuk Pemerintah Desa,” ujarnya.

Sementara itu Guru SMK N.1 Air Gegas, Rada mengutarakan pihaknya sangat mengucapkan banyak terimakasih karena tentunya sangat senang anak didiknya mendapat ilmu diluar Sekolah yakni tentang kepemiluan dan politik saat ini.

“kami akan transferkan ke siswa-siswi terkait pemilu atau pemilihan agar anak didik kami disekolah juga tahu tentang bagaimana pemilu dan pemilihan,” ungkapnya.

Tak hanya itu siswi SMA N.1 Air Gegas, Puja juga mengatakan bahwa dirinya sangat senang karena dari kegiatan seperti ini siswa-siswi mendapat banyak ilmu serta pengalaman dalam proses belajar mengajar.

“Sebagai pemilih pemula, saya berharap pemilih pemula di Kabupaten Bangka Selatan dapat menggunakan hak pilih terbaik untuk masa depan,” katanya. (Red/BE).