Program Cinta Statistik Desa Gadung, BPS Basel Punyai Target Output

Penulis : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Badan Pusat Statistik (BPS) Basel dalam menjalankan program Cinta Statistik Desa Gadung mempunyai target Output Desa Cinta Statistik.

Dalam targetnya itu untuk memajukan serta mengembangkan per-desaan yang ada di-Kabupaten Bangka Selatan, acara yang digelar di-Gedung Serbaguna Kantor Desa Gadung, Selasa (08/10/2024).

Kepala BPS Basel, Agung Rachmadi mengatakan, bahwa Desa Gadung ini menjadi Role Model untuk Desa disekitaran Bangka Selatan.

“Jadi ini bisa dikatakan infornya kemudian berbicara afternya maka kita punya target bahwa Desa Gadung itu menjadi role model untuk Desa disekitarnya bahkan pada waktunya nanti akan tersebar ke seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di-Kabupaten Bangka Selatan,” terangnya.

“Secara berkala kita akan melakukan penilaian dan juga perbaikan-perbaikan apa yang bisa dilakukan ketika output yang dihasilkan masih memerlukan penyalahgunaan dan itu bagian target output Desa cinta statistik,” lanjutnya.

Dengan hal ini, Agung juga menerangkan langkah-langkah yang harus mereka jalankan sesuai aturan serta mekanisme dilapangan agar bisa mengawal setiap data yang dihasilkan.

“Setiap OPD setiap Desa dan Kelurahan itu pasti menghasilkan data, nah bagaimana data ini bisa dikatakan berkualitas, bisa dibandingkan kemudian sesuai fakta di lapangan dan konsep definisinya merujuk pada aturan yang berlaku,” ujarnya.

“Misalnya konsep usaha kecil maka kita punya peraturan menteri yang di bawah setiap agen statistik bisa mengawal setiap data yang dihasilkan, jadi BPS tidak membuat lagi kegiatan baru di-Desa Gadung,” tambahnya.

Tetapi untuk selanjutnya ia menerangkan, dengan apa yang sudah menjadi sekala prioritas setelah UMKM dan data kependudukan, ketika itu terjadi prioritas kemudian menjadikan kegiatan statistik mulai dari perencanaannya, pelatihnya, petugasnya sampai difinis datanya bahkan sampai di website mereka akan kawal.

“Untuk yang sekarang ini untuk meliputi siapa di mana dan usaha apa yang kategori UMKM yang ada di Desa Gadung, jadi teman-teman tinggal melihat website Desa Gadung disitu sudah ada yang dinamakan geo talking,” ujarnya.

“Yang sebelum itu hanyalah fasilitas umum kemudian tempat wisata, jadi kalau sekarang teman-teman membuka website Desa gadung sudah terlihat si A usahanya apa dan lokasinya di mana,” pungkas Agung Rachmadi. (Red/BE).