Pemkab Basel Gelar Rakor Bersama Pj Gubernur

Penulis : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) gelar Rapat percepatan transformasi ekonomi bersama Pejabat Pj. Gubernur Babel, di-Balai Rumdin Bupati Bangka Selatan, Rabu (02/10/2024).

Dalam Pidato Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sugito mengatakan, bahwa Rapat ini dalam rangka memperkuat kemajuan Desa Tahun 2024.

Saat mereka melakukan kajian secara Nasional bahwa kemajuan Desa belum diimbangi oleh Desa yang kuat dan Desa yang kuat tersebut ada 4 indikator untuk meningkat kemajuan Desa agar kuat.

“Pertama jadikan Desa yang berdaulat secara politik supaya mampu menjalankan sendiri, ke 2 secara ekonomi, artinya mereka mampu berdiri dengan memanfaatkan potensi yang mereka miliki,” kata Sugito.

“Indikator yang ke 3 berkuatan secara sosial serta gotong royong agar dengan mudah dikerjakan dan ke 4 adalah bermartabat secara budaya artinya kemajuan Desa tidak boleh merusak dari modal kebudaya yang ada,” lanjutnya.

Lebih lanjut Sugito memaparkan penyusunan APBN Tahun 2025 terkait anggaran dana Desa masih diposisi 71 Terliun, lalu untuk makan siang bergizi tetap dengan angka yang sama.

“Jadi pergunakan dana Desa mau-pun kebijakan yang lain secara baik, seperti Nabati atau-pun Hewani diputarkan didalam Daerah kita, agar tercegah terjadinya inflasi,” terang Sugito.

“Kalau peluang ini tidak kita tangkapi maka kita hanya mendapatkan bungkus dan makanan-nya saja tetapi multiplayer dari efek ekonomi ini, kita tidak mendapatkannya, baik dana Desa atau-pun kebijakan yang lain,” pungkas Sugito.

Turut hadir didalam Rapat tersebut, Pjs Bupati Bangka Selatan, Dandim 0432 Basel, Kejari Basel, Kapolres Basel, Camat, Lurah, Kepala Desa se-Kabupaten Bangka Selatan. (Red/BE).