Kadishub Babel : Pelabuhan Sebagai Infrastruktur Vital, Penggerak Roda Perekonomian Bangka Belitung

BE

Pangkalpinang, Buletinexpres.com — The 11th Confest UBB resmi dibuka dengan mengangkat tema Optimalisasi Pelabuhan sebagai Motor Pengembangan Perekonomian Bangka Belitung.

Acara dilaksanakan di Aula Tamawiyata, Gedung BKPSDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (23/09/2024).

Seminar yang digagas UBB ini dihadiri oleh ratusan peserta, termasuk pejabat pemerintah daerah, Akademisi dan Mahasiswa Teknis Sipil Universitas Bangka Belitung.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung Asban Aris hadir langsung dalam pembukaan acara dan sebagai narasumber dalam kegiatan seminar tersebut.

Dalam paparannya, menekankan pentingnya pelabuhan sebagai infrastruktur vital yang mampu menggerakkan roda perekonomian Bangka Belitung.

Ia menyoroti peran pelabuhan dalam meningkatkan akses perdagangan, distribusi logistik, serta membuka peluang investasi di sektor maritim dan pariwisata.

“Optimalisasi pelabuhan di Bangka Belitung harus dilakukan dengan pendekatan yang holistik, memperhatikan aspek infrastruktur, manajemen, dan lingkungan. Dengan demikian, pelabuhan tidak hanya menjadi pintu masuk barang, tetapi juga menjadi katalis pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Asban Aris disela sela paparannya.

Ditambahkannnya pemerintah terus berupaya agar strategi dalam mengoptimalisasi pelabuhan dan bagaimana mempercepat konektivitas yang lebih baik dapat terwujud dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu ada beberapa upaya yang dapat dilakukan pemerintah ungkap Asban dalam rangka mendukung pengembangan pelabuhan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui peningkatkan produksi komoditi unggulan daerah sesuai dengan kebutuhan pasar nasional dan internasional.

Meningkatkan ketersediaan infrastrukturdan peralatan dalam mendukung pelayanan serta mengoptimalkan pelabuhan sebagai lokasi transhipment, baik domestik maupun internasional.

Melakukan peningkatan perdagangan dengan mendorong pengusaha daerah untuk potensi muatan balik, meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar insan Perhubungan untuk mengembangan Kawasan Pelabuhan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Mendorong pengembangan Kawasan industri di sekitar Pelabuhan sebagai pusat produksi dan distribusi barang.

Asban berharap ke depan Kepulauan Bangka Belitung memiliki pelabuhan laut yang representativ yang mampu mendukung perekonomian dengan memperhatikan sistem logistik dan distribusi hasil komoditas dari dan ke Bangka Belitung.

Selain itu, acara ini turut menjadi ajang diskusi interaktif yang melibatkan peserta dalam menghadapi tantangan dan potensi pengembangan pelabuhan di Babel.

Dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta, seminar ini diharapkan mampu menghasilkan solusi konkret yang dapat diterapkan untuk meningkatkan peran pelabuhan di Bangka Belitung sebagai motor utama pengembangan ekonomi wilayah ini. (Red/BE).