Kades Rias Kecolongan, Lahan Desa 10 Hektar Digarap Orang Tak Dikenal

Penulis : Hairul

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Kepala Desa Rias, Kecamatan Toboali, tidak menyadari bahwa lahan kawasan mereka digarap pengelolah berasal dari Toboali sebanyak 10 hektar, dan tidak mengantongi data.

Pemilik dari lahan tersebut masih misteri, siapa-siapa yang pemilik lahan yang sudah ditanam pohon kelapa tersebut.

Kades Rias Muslim mengatakan, bahwa ia tidak tau sama sekali kalau ditempat tersebut sudah ditanam pohon kelapa selama 2-3 Tahun belakangan ini dan tidak diketahui siapa pemilik-nya.

“Saya baru sekarang mengetahui bahwa disitu ada yang memiliki lahan yang ditanam pohon kelapa, sedangkan saya belum sama sekali berjumpa atau mendapat laporan dari orang yang berasal dari Toboali itu,” kata Muslim, Senin (23/09/2024).

“Cuma Waktu kemaren pernah pemilik dari lahan tersebut meminta Pak Kadus Trans SPB untuk membuat surat kebun itu, tetapi kata saya jangan karena itu lokasi untuk per-sawahan,” tambahnya.

Dalam hal ini Kades Rias Muslim akan menelusuri siapa pemilik lahan tersebut untuk bisa mengetahui data-data lahan yang dimiliki orang yang masih misteri itu, agar bisa menemukan titik terangnya.

“Ini akan saya cari tau yang katanya orang Toboali pemilik lahan yang sudah ditanamkan pohon kelapa itu, jika sudah ketemu harapan saya cuma mau bilang kepada pemilik tersebut untuk menunjukan legalitas-nya,” terang Muslim.

Kades Muslim hanya berharap supaya hal ini tidak menimbulkan konflik dimata masyarakat agar suasana tetap kondusif.

“Harapan saya supaya masyarakat bisa dapat lahan dan bekerja disitu, PT. PBM juga bisa berjalan sesuai program mereka, agar suasana tidak ricuh,” harap Muslim. (Red/BE).