DPPP Basel Siap Layani Masyarakat Program PBT

Penulis : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel siap melayani masyarakat Bangka Selatan dalam program substansi Pengolahan Budidaya dan Tangkap.

Hal ini dikatakan Kabid Perikanan DPPP Basel, Ivan Sumirno, sistem tersebut ada 3 bagian subtansi yang terdiri dari Pengolahan, Budi Daya dan Tangkap yang dipegang dari Kabid masing-masing, tetapi belum berdiri sendiri akhirnya satu Kabid membidangi 3 bidang.

“Jadi tugas kami melalui spek budidaya bisa meningkatkan pertumbuhan masyarakat agar bisa memberi arahan yang baik terhadap mereka sampai dengan meningkatkan penghasilan,” kata Ivan, Selasa (06/08/2024).

“Terkait pertumbuhan tambak itu bidang kami, tetapi tambak udang kami tidak masuk kami hanya tambak Ikan Lele, Nila, Gurami dan Patin, itu-pun sudah hampir seluruh setiap Kecamatan Bangka Selatan sesuai intruksi dari pusat,” lanjutnya.

Dalam program tersebut mereka hanya mengkomudirkan yang ber-sipat kelompok sesuai perintah dari pusat, baik bantuan bibit mau-pun alat dan sebagainya.

“Kalau untuk bantuan dari APBD untuk saat ini tidak ada, sekarang yang digunakan dana DAK tapi kalau tidak ada dana DAK jadi kami menggunakan dana APBD untuk mem-progres pengajuan para kelompok,” ujarnya.

“Untuk pacific data hampir semua kecamatan ada 80 sampai 100 kelompok lebih yang sudah menerima bantuan tersebut dan mudah-mudahan 1 Januari 2025 kami sudah sendiri-sendiri sudah bisa mem-proforitaskan yang diperlukan oleh kelompok masing-masing seperti alat pembikin pelet dan sebagainya,” pungkas Ivan. (Red/BE).