HUT ke-48: 48.000 Pohon Ditanam, Komitmen PT Timah Terhadap Kelestarian Lingkungan

PT Timah merayakan HUT ke-48 usia Perusahaan dengan melaksanakan program penanaman 48.000 pohon sebagai bagian dari komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

 

BE

Pangkalpinang, Buletinexpres.com — PT Timah merayakan HUT ke-48 usia Perusahaan dengan melaksanakan program penanaman 48.000 pohon sebagai bagian dari komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Mengusung tema ‘Kompak Bergerak’ rangkaian HUT ke-48 PT Timah ini berlangsung dengan sukses.

Penanaman 48.000 pohon dilaksanakan di wilayah operasional yang dimulai sejak Januari 2024 hingga 2 Agustus. Dimana pohon ke-48.000 ditanam dalam acara puncak perayaan HUT ke-48 PT Timah pada Jumat 2 Agustus 2024.

Penanaman pohon ke-48.000 dilaksanakan di Kawasan Kantor Pusat PT Timah yang ditanam oleh Direktur Utama PT Timah Ahmad Dani Virsal bersama jajaran direksi dan karyawan PT Timah.

Sebelumnya program penanaman 48.000 pohon telah dilaksanakan di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Tengah, Karimun, Bangka Barat, Pangkalpinang, Bangka, Belitung, dan Bangka Selatan.

Pelbagai pohon yang ditanam yakni kayu putih, mangrove, jambu mente, sirsak, cemara laut dan lainnya.

Selain menanam 48.000 pohon, PT Timah juga menyerahkan 4800 bibit mangrove ke masyarakat di Desa Baskara Bakti, menanam 480 pohon buah produktif di wilayah operasional perusahaan, dan menanam 48 pohon lokal di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang.

Program penanaman 48.000 pohon oleh anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini juga selaras dan mendukung gerakan Semarak Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel) yang merupakan inisiasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selama 48 tahun beroperasi, PT Timah telah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan melalui berbagai inisiatif ramah lingkungan.

Program penanaman 48.000 pohon ini merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan dalam menjaga keseimbangan alam dan mendukung upaya mitigasi perubahan iklim.

“Penanaman 48.000 pohon ini bukan hanya simbol dari perjalanan panjang kami selama 48 tahun, tetapi juga merupakan bagian dari tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa generasi mendatang dapat menikmati lingkungan yang lebih hijau dan sehat. Kami percaya bahwa setiap

pohon yang ditanam hari ini akan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan alam,” kata Direktur Utama PT Timah Ahmad Dani Virsal.

 

**Kolaborasi dengan Masyarakat dan Pemangku Kepentingan

Dalam pelaksanaan program penanaman 48.000 pohon ini, PT Timah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat pemerintah daerah, dan organisasi lingkungan.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa penanaman pohon dilakukan secara efektif dan berkelanjutan, serta melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam program ini. Kerja sama yang baik antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat adalah kunci keberhasilan program penghijauan ini,” kata Direktur Utama PT Timah Ahmad Dani Virsal.

Program penanaman 48.000 pohon ini diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat jangka panjang seperti meningkatkan Kualitas Udara.

Pohon berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga membantu meningkatkan kualitas udara.

Mengurangi risiko bencana alam, penanaman pohon dapat membantu mencegah erosi tanah dan mengurangi risiko banjir serta tanah longsor. Serta mendukung keanekaragaman hayati, pohon menyediakan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna, sehingga mendukung keanekaragaman hayati. (Red/BE).