BPJ Resmikan PLTBM Di Kecamatan Tukak Sadai

Penulis : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Bambang Pati Jaya resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa (PLTBM) 10 MW di KI-Sadai, bertujuan untuk mendorong ekonomi baru di-Bangka Selatan, Selasa (30/07/2024).

Bambang Pati Jaya mengatakan, PLTBM tersebut berbahan bakar kayu yang dibangun untuk menggantikan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) yang sudah beroperasi dengan kapasitas 10 Mega Watt (MW) di Kawasan Industri Sadai.

“Saat saya berkunjung ke-Sadai ada beberapa hal positif pertama dikawasan Industri yang mempunyai identitas usaha yang beroperasi aktif sekaligus meletakan batu pertama, karena disini ada realisasi nyata,” kata Bambang, kepada awak media di Warkop Singkawang, Toboali, Selasa (30/07/2024) sore.

Dalam hal tersebut Bambang juga mengingatkan pentingnya aspek legalitas dalam operasional PLTBM agar meminta perusahaan untuk membuka peluang bagi masyarakat Bangka Selatan.

“Kita berharap agar ini menjadi pemicu ekonomi, apalagi PLTBM ini menggunakan bahan bakar kayu dan sisa-sisa kelapa sawit seperti fiber dan cangkang sawit jadi supaya bisa membuka peluang usaha baru bagi masyarakat Basel,” harapnya.

Lebih lanjut Ia juga menerangkan, bahwa ditempat tersebut lokasi strategis, seperti ketersediaan air dan kedekatan dengan pelabuhan, yang merupakan modal besar untuk pembangkit ekonomi di-Basel.

“Kami juga berusaha meningkatkan energi terbaru agar bisa menurunkan ketergantungan pada energi fosil, yang menuju masa akan datang dan komisi VII DPR RI juga sedang melakukan proses finalisasi Rancangan Undang-Undang Energi baru,” pungkas Bambang.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Bambang Pati Jaya, anggota Komisi VII DPR RI, dan Pj Gubernur Babel, Safrizal, beserta rombongan PT PLN. (Red/BE).