Pemkab Basel Siapkan Penanganan Bencana Banjir

Reporter : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Pemkab Basel siagakan penanganan bencana serta himbau masyarakat agar tingkatkan kewaspadaan terhadap curah hujan tinggi.

Plt. Kapala Dinas Kominfo Bangka Selatan Yuri Siswanto menghimbau, saat ini wilayah Basel sedang berada dimusim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi bahkan sesekali disertai angin kencang.

Hal tersebut tentu akan berpotensi menimbulkan genangan air, banjir dan bisa meyebabkan pepohonan tumbang serta timbulnya penyakit.

“Dihimbau untuk semua agar Kita untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan tindakan pencegahan dirumah dan lingkungan masing-masing dan antara lain bisa menjaga kebersihan lingkungan,” kata Yuri, Senin (08/07/2024).

Dengan kebersihan dan kelancaran saluran air dan tidak membuang sampah sembarangan serta merapikan pepohonan yang rentan tumbang agar tidak menimpa rumah.

“Dari aspek kesehatan, Kita menghimbau agar tetap melakukan gerakan 3 M plus, bertujuan untuk memberantas sarang nyamuk dan selain 3 M diatas yang dimaksud antara lain, menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air,” terangnya.

Selain itu ia menghimbau, agar masyarakat mulai terbiasa dengan memelihara ikan pemakan jentik-jentik nyamuk, serta rutin melakukan gotong royong untuk kebersihan lingkungan.

“Kita mulai dengan terbiasa memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama, meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup,” pungkas Yuri. (Red/BE).