Pemkab Basel Pastikan Hewan Qurban Aman Dikonsumsi

Reporter : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Pemkab Basel pastikan hewan qurban cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan ibadah Qurban pada hari raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Hal itu dikatakan Kabid Peternakan, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, bahwa stok hewan qurban untuk hari Raya Idul Adha aman untuk siapa yang mau melakukan ibadah ber’qurban.

“Hewan qurban yang terdata di kami saat ini totalnya ada 771 ekor, sapi sebanyak 500 ekor dan kambing sebanyak 271 ekor,” kata Kabid Pertenakan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Minggu (09/06/2024).

Didalam satu pekan sekali, pihaknya juga terus melakukan pendataan persediaan hewan qurban secara berkala sebagai langkah untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat.

“Pendataan ini antisipasi dini apabila ketika kebutuhan masyarakat saat qurban Idul Adha dan juga untuk pelaporan jumlah persediaan hewan qurban ke Provinsi yang akan diteruskan ke pusat,” terangnya.

Selanjutnya Hewan qurbanpun dipelihara secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang masuk ke Bangka Selatan guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) serta penyakit lato-lato.

“Tujuannya supaya hewan ternak dalam kondisi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, kemudian memastikan kelayakan daging kurban agar aman dikonsumsi oleh masyarakat Bangka Selatan,” tuturnya. (Red/BE).