Pemdes Air Gegas Gelar Festival Budaya Ngarak Telok Herujo

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Pemdes Air Gegas menggelar Festival Budaya Ngarak Telok Herujo Tingkat Kecamatan Tahun 2024, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-21 Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (30/4/24) di Halaman Kantor Kecamatan Airgegas.

Sangat antusias sekali masyarakat setempat maupun dari luar menyaksikan Festival Budaya Ngarak Telok Herujo yang diselenggarakan oleh Pemdes Airgegas.

Tujuan Kegiatan ini untuk menumbuhkan UMKM Desa di Kecamatan Airgegas, agar bisa meningkatkan ekonomi kemasyarakatan, meningkatkan kreasi seni masyarakat, menumbulkan nilai-nilai sejarah dan petuah dari orang tua dahulu.

Dalam kesempatan ini, Bupati Riza Herdavid, mengatakan bahwa Festival Ngarak Telok Herujo ini adalah salah satu upaya untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya orang tua dahulu.

“Mempromosikan dan melestarikan budaya sangatlah penting, apalagi Kabupaten Bangka Selatan terdiri dari banyak Daerah dengan adat budaya yang beragam,” tutur Riza

“Keaneka ragaman ini tentunya bisa jadi icon bagi Bangka Selatan dan bisa menarik peminat bagi wisatawan yang penasaran dengan adat serta budaya yang tidak dimiliki Daerah lain, salah satunya “Ngarak Telok Serujo,” lanjutnya.

Ditahun depan dan tahun berikutnya Bupati Riza berharap, Festival Budaya Ngarak Telok Herujo terus dilaksanakan dengan lebih dan semakin meriah lagi sehingga warisan budaya ini dapat terus dijaga dan dilestarikan oleh generasi yang akan datang.

“Semoga di tahun depan dan ditahun-tahun berikutnya para peserta Ngarak Teluk Herujo ini lebih meriah lagi, baik dari bentuk hiasan dari Telok herujo yang lebih meriah dan juga berbagai penampilan tarian bisa di tampilkan dengan lebih meriah juga,” harap Riza.

Lebih lanjut, Camat Airgegas Imam Mubarak memyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Festival Ngarak Telok Herujo Tahun 2024 ini sebanyak 42 peserta yang terdiri dari TK Paud, SD, SMP, SMA maupun dari Desa di Kecamatan Airgegas.

“Bukan hanya anak sekolah saja yang menjadi peserta tetapi ada juga dari perwakilan Desa se-Kecamatan Airgegas, dengan menampilkan ciri khas hiasan dari Desa masing-masing sesuai kreativitas mereka, karena memang hasil karya mereka ini juga akan dinilai,” ujar Imam.

Tak lupa Imam Mubarok mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan Kebudayaan Festival Ngarak Telok Herujo tersebut.

“Terima kasih kepada Pak Bupati, Polres Basel, Kejari Basel, Kodim 0432/Basel, Polsek serta ketua APDESI dan kades – kades di Kecamatan Airgegas yang sudah hadir ikut mensukseskan kegiatan kebudayaan ini,” imbuhnya.

“Agar kedepannya Kebudayaan Ngarak Telok Herujo ini akan di kaji bersama Dinas terkait, karena dari pandangannya kebudayaan ini juga bisa menarik minat wisatawan jadi perlu diagendakan agar momentnya pas dengan kunjungan wisatawan,” pungkas Imam. (Red/BE).