Sekda Basel Haris Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah

Reporter : Hairul

 

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Bangka Selatan, Kamis (25/04/2024).

Dengan tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat.

Pj. Sekda Haris Setiawan mewakili Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, membacakan arahan Menteri dalam Negeri, tujuan peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII.

“Untuk memperkokoh komitmen serta tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah dengan amanah agar tugas untuk membangun kelanjutan,” kata Haris, Kamis (25/4/2024).

“Untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup ditingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” lanjutnya.

Tak hanya itu, setelah 28 tahun berlalu, otonomi Daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah, Kepada Daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya.

“Peningkatan-peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahterakan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut, untuk kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien.

“Saya menghimbau kepada Daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat,” harap Haris. (Red/BE).