Habiskan Anggaran Milyaran Rupiah, Atap Gedung Samsat Drive Thru Pemprov Babel Sudah Bocor

Penulis : Tok Nas

BE

Pangkalpinang, Buletinexpres.com — Miris, Habiskan anggaran milyaran rupiah, dan baru seumur jagung, namun kondisi gedung Samsat Drive Thru di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung milik Badan Keuangan Daerah menuai sorotan.

Pasalnya gedung baru yang belum genap sebulan diresmikan itu dilaporkan sudah mengalami bocor saat hujan deras terjadi.

Meski tak sampai menggenangi ruangan, kondisi itu dinilai membuat ketidaknyamanan, padahal gedung tersebut dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2023 dengan nilai sebesar Rp 1.475.493.632,32 dengan luas bangunan 35 m² dan luas lahan 940,5 m².

Diduga kuat, kebocoran terjadi karena atap bangunan kurang rapat sehingga ketika hujan deras dan angin, terpaan air bisa menerobos celah-celah atap.

Terkait hal itu, Kepala Bakeuda Babel, M Haris, AR. AP saat dikonfirmasi awak media melalui pesan whatsapp tidak berkomentar banyak hanya menjawab singkat saja.

“Jangan dinaikan dulu, Abang cek dulu ya,” ujar Haris ke awak media saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp, Kamis (29/02/2024).

“Nanti ada Plh Kepala Bakeuda yang konfirmasi,” tambahnya.

Haris juga mengatakan jika berkenan bisa mengecek bersama, jangan sampai pemahaman orang nantinya berbeda.

Diketahui sebelumnya, Samsat Drive Thru merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dilakukan Bakeuda Babel melalui pemungutan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Samsat Drive Thru salah satu inovasi terbaru dalam pemungutan pajak daerah yang diciptakan Bakuda Babel, setelah pelayanan Samsat Corner, Samsat Gerai, Samsat Keliling, Samsat Setempoh, dan pelayanan di mall pelayanan publik Kabupaten Bangka.

Pihaknya berharap semua pelayanan yang dilaksanakan Bakuda Babel dapat membantu masyarakat melaksanakan kewajiban perpajakannya, dengan harapan target pajak daerah yang ditetapkan di tahun 2024 sebesar Rp 953.693.248.600 dapat tercapai. (Red/BE).