Dibantu Warga Tim BPBK Basel Berhasil Menangkap Buaya Ganas Diperairan Laut Mempunai

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Badan Penanggulangan Bencana Kebakaran (BPBK) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menangkap Buaya ganas bersama Warga sekitar perairan Laut Mempunai, Rabu, (07/02/2024).

Kepala BPBK Basel Ardiansyah mengatakan, penangkapan buaya itu berawal dari laporan warga Dusun Mempunai, setelah adanya laporan tersebut petugas langsung turun ke lokasi perairan laut Mempunai.

Kemudian Buaya ganas sepanjang tiga meter itu akhirnya berhasil ditaklukan dengan menggunakan jaring milik warga nelayan Dusun laut Mempunai, Desa Serdang.

“Alhamdulilah, dengan atas kerja sama kawan-kawan, dan warga setempat Buaya berukuran kurang lebih tiga meter di perairan laut Mempunai itu berhasil kami tangkap dalam keadaan masih hidup,” kata Ardiyansah.

Penangkapan buaya itu berawal dari peristiwa sebelumnya korban Baharudin nelayan sungkur udang terasi tersungkur akibat di sambar buaya di perairan laut Mempunai, Desa Serdang, Senin 29 Januari 2024 yang lalu.

“Buaya tersebut berhasil kami tangkap, atas bantuan warga Dusun Mempunai, dan Buaya ini akan kita serahkan ke pihak Lembaga Konservensi Pusat Penyelamatan Satwa Alobi di Pangkalpinang, karena saya sudah berkordinasi dengan mereka,” kata Ardiyansah.

Ia mengimbau kepada masyarakat terutama yang profesi sebagai nelayan udang sungkur (jaring) untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktifitasnya.

“Masyarakat atau nelayan yang beraktifitas di pesisir laut Mempunai harus berhati-hati dan tetap selalu waspada,” tutupnya. (Red/BE).