Sidang Perdana Pengadilan Agama Sungailiat di Bangka Selatan

BE

Bangka Selatan, Buletinexpres.com — Kantor Sementara Pengadilan Agama Sungailiat Kelas 1B resmi melakukan sidang perdana dan membuka perlayanan di Kabupaten Bangka Selatan.

Tepatnya di Eks Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jalan Gunung Namak di Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (25/01/2024).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda,  didampingi Ketua Pengadilan Agama Sungailiat Kelas 1B Alfi Zuhri, beserta rombongannya.

Plh. Sekda Basel Hefi Nuranda menyampaikan, sidang perdana ini pembukaan dan perlayanan oleh Kantor Sementara Pengadilan Agama Sungailiat Kelas 1B dengan resmi digelar, agar bisa membantu dan meringankan masyarakat Basel, baik dari segi waktu, biaya dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah Pengadilan Agama Sungailiat telah resmi melakukan sidang perdana dan membuka pelayanannya disini, hadirnya program ini sangat membantu masyarakat, untuk itu kami Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mewakili Bupati menyampaikan apresiasi dan terimakasih karena masyarakat kami tidak harus jauh-jauh dan mengeluarkan biaya banyak untuk datang ke Sungailiat,” ujarnya.

Himbauan dari Sekda Hefi, agar masyarakat dapat memanfaatkan hadirnya Kantor Sementara Pengadilan Agama Sungailiat Kelas 1B di Kabupaten Bangka Selatan, yang akan beroperasi dan siap melayani masyarakat 2 (dua) minggu sekali setiap hari Kamis.

Sementara, Ketua Pengadilan Agama Sungailiat Kelas 1B Alfi Zuhri, S.Ag. menyampaikan bahwa dengan adanya sidang perdana ini dan dibukanya pelayanan Pengadilan Agama disini disambut antusias masyarakat Kabupaten Bangka Selatan.

“Alhamdulillah sidang perdana hari ini sudah secara resmi dibuka 25 Februari 2024, dengan pelaksanaan sidang hari ini antusias masyarakat Bangka Selatan cukup tinggi dalam memanfaatkan program Pengadilan Agama yang memang tujuannya untuk membantu masyarakat baik dari segi biaya, waktu dan juga tenaga,” ujar Alfi Zuhri.

Kemudian, Ketua Pengadilan Agama Sungailiat Kelas 1B Alfi Zuhri menyampaikan bahwa pelaksanaan sidang dan pelayanan Pengadilan Agama sudah dilaksanakan semuanya dan berjalan baik.

“Pelaksanaan sidang hari ini ada 6 perkara, kemudian pelayanan juga sudah dilaksanakan tadi ada yang pendaftaran cerai, ada yang mengajukan Isbat nikah juga sekitar 3 atau 4 yang mengajukan pelayanan, dan ada juga yang mengajukan mediasi dan sudah dilaksanakan, kemudian juga ada yang

melakukan konsultasi-konsultasi, Alhamdulillah semua sudah kita laksanakan dengan baik semuanya,” tuturnya.

Jadi siapa yang mau mendaftar di kegiatan ini silahkan temui anggota yg bersangkutan di bidang sidang perdana ini agar bisa memenuhi persayaratan yang di ajukan.

“Karena 2 (dua) minggu yang akan datang  yaitu tanggal 8 hari libur, otomatis kita undurkan di tanggal 15 Februari 2024, jadi nanti ada sidang lagi disini baik itu perkara hari ini yang tertunda ataupun nanti ada perkara-perkara yang baru terdaftar dan juga kami membuka pelayanan,” pungkasnya. (Red/BE).