Kabupaten Basel, Raih Penghargan P4GN Tahun 2023 Se Bangka Belitung

BE

Pangkalpinang, Buletinexpres.com –Kabupaten Bangka Selatan berhasil meraih juara 2 pada penghargaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Awards Tahun 2023 se-Provinsi Bangka Belitung dengan rincian perolehan nilai Penghargaan Kabupaten Bangka Barat : 500,66, Bangka Selatan : 500,33, Pangkal Pinang : 478,33.

Piagam penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Bangka Selatan,Debby Vita Dewi bertempat di Hotel Grand Safran Jalan Soekarno Hatta Pangkal Pinang, Kamis (07/12/2023).

Kegiatan penghargaan P4GN Awards ini merupakan untuk yang Ke 2 kalinya diadakan di Provinsi Bangka Belitung.

Rangkaian acara diawali dengan penampilan Perwakilan Duta Narkoba Bidang Seni dan Budaya, menampilkan tarian bertajuk “Tarian Ceria” Anti Narkoba.

Kurniawan,Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bangka Belitung, menyatakan bahwa untuk mendukung program P4GN, diperlukan pendekatan peran pemerintah daerah dan masyarakat.

P4GN merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menangani perederan obat terlarang di daerah.

Kegiatan penghargaan ini merupakan tindak lanjut dari Inpres Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN, serta didukung Permendagri Nomor 12 tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN.

“Maksud dan tujuan diadakannya P4GN untuk memberikan informasi, dan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat dan seluruh aparat pemerintah daerah akan bahaya narkoba dan langkah pencegahannya,” jelas kuriawan.

Kurniawan menjelaskan bahwa tujuan utama yang ingin dicapai melalui program ini adalah untuk mensinergikan dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan P4GN baik pada tingkat provinsi maupun di seluruh kabupaten/kota.

Adapun metode penilaian yang dilakukan pada penghargaan ini diolah secara terpadu, dengan melakukan monev rutin keseluruh Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota, serta melalui penyampaian dan pengisian kuisioner kepada masing-masing kantor cabang terkait.

“Untuk penentuan pemenang P4GN Awards sudah melalui pemilihan secara intensif dan terpadu, dengan memberikan predikat juara 1, 2, dan 3 serta memberikan uang pembinaan kegiatan P4GN di tahun berikutnya,” terangnya.

Dirinya berharap agar kegiatan P4GN Awards terus bisa dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya, untuk itu, dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah sangat diharapkan, guna mewujudkan Bangka Belitung bersih dari Narkoba.

Kepala Biro Ekbang Provinsi, Ahmad Yani secara resmi membuka acara. Dirinya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tamu undangan,yang telah hadir mengikuti pelaksanaan kegiatan P4GN Awards Provinsi Bangka Belitung, dalam rangka mensukseskan program P4GN.

“Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri mengkoordinasikan bahwa pelaksanaan fasilitasi P4GN dilaksanakan oleh Provinsi dan Kabupaten/Kota, upaya atau ikhtiar inilah yang dilakukan Oleh Kepala Badan Kesbangpol Bangka Selatan,Evi Sastra,Seijin Bupati Bangka Selatan,Berkolaborasi Dengan BNNK Bangka Selatan Di Setiap Program Aik Bakung mensosialisasikan untuk penyuluhan kepada generasi muda untuk berbuah hasil,” ungkapnya.

Wakil Bupati Bangka Selatan beserta Pejabat Perwakilan Daerah lainnya turut menandatangani kesepakatan bersama WAR ON DRUGRS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Saat ditemui Awak Media seusai acara, Wabup Debby  menyatakan terima kasih kepada PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan menekankan bahwa pencegahan narkoba harus ditangani bersama.

“Untuk pencegahan narkoba tidak bisa sendiri, intinya kewaspadaan kita untuk pencegahan terhadap narkoba harus ditangani bersama, tidak boleh hanya bersandar kepada anggaran, karena barang ini ada dirumah kita masing-masing,” jelasnya.

Wabup Debby juga meminta kepada Kesbangpol,untuk berkoordinasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba.

“Saya minta kepada Kesbangpol untuk segera berkoordinasi, dan buat sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba,” teganya. (Red/BE).