Puluhan Armada PIP Hajar Perairan Mengkubung

Laporan : Edho Ganteng

Editor     : Tim Jobber

 

BE.com

Bangka, Buletinexpres.com — Puluhan armada ponton isap produksi nampak memadati perairan dekat pulau Mengkubung, Kecamatan Belinyu. Hampir puluhan ponton isap produksi itu nampak bekerja mencari timah, Kamis (16/11/2023) siang.

Kiki, salah satu warga yang kerap pergi ke laut mengatakan, rombongan penambang ponton isap itu mulai memadati perairan dekat pulau Mengkubung itu sejak dua hari belakang.

“Sudah dua hari ini kelihatan banyak ponton disitu. Setelah batu hitam sepi. Itu pada kerja kan? Masih dekat lah dengan pulau Mengkubung itu. Tapi nggak tahu lah punya siapa,” kata Kiki kepada tim Jobber (Journalis Babel Bergerak).

Beberapa hari belakang memang perairan Batu Hitam Mengkubung kerap diberitakan lantaran penambangan timah yang diduga ilegal, dan mendapat penolakan dari oknum tertentu. Bahkan beritanya pun ramai di sejumlah media siber.

Terpisah, Kasat Polairud Polres Bangka IPTU Andy Hendarwanto saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan melakukan penindakan hukum jika ada penambang yang bekerja di perairan tersebut.

“Satpolairud Polres Bangka bersama-sama dengan Pos Marnit Dit Polairud dan Pos Lanal Belinyu akan tetap melakukan patroli dan himbauan terhadap para pelaku penambangan ilegal, apabila para penambang msh tetap membandel maka akan dilakukan penegakan hukum” tulis Andy dalam pesan WhatsAppnya, Kamis petang.

(Tim JB/BE).