Bupati Basel Serahkan Bantuan untuk Pertanian dan Perikanan, Senilai 33,9 Milyar

BE.com

Toboali, Buletinexpres.com – Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid menyerahkan bantuan Sarana dan Prasarana Pertanian dan Perikanan senilai 33,9 Milyar, di Lapangan Bola SPB Desa Rias Kecamatan Toboali, Jum’at (06/10/2023).

Turut hadir Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, Unsur Forkopimda, Plh. Sekretaris Daerah Hefi Nuranda, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kepala Desa Rias, Gapoktan dan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Riza Herdavid menyampaikan bahwa bantuan-bantuan yang diberikan tersebut merupakan komitmen Pemerintah untuk membantu para pelaku usaha di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Bupati Riza Herdavid menyampaikan bahwa tantangan usaha di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan kedepannya sangat luar biasa, untuk itu dirinya meminta fokus 2024 sampai berikutnya bagaimana ketahanan pangan menjadi skala prioritas Kabupaten Bangka Selatan.

“Saya minta dukungan dari kawan-kawan petani dan nelayan, karena kalianlah nyawa kami kedepannya, jadi saya mohon kawan-kawan lebih giat dan semangat dalam memajukan usaha di sektor ini. Sisanya adalah tugas kami bagaimana memberikan langkah-langkah terbaik, membuat bantuan-bantuan kepada nelayan dan petani yang ada di Kabupaten Bangka Selatan,” ujarnya.

Kemudian, Bupati Riza Herdavid menyampaikan bantuan-bantuan yang diberikan kepada masyarakat pada acara yang digelar Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan tersebut.

“Ada berbagai jenis bantuan sarana dan prasarana yang kita berikan kepada masyarakat,  yakni di sektor pertanian ada bantuan RMU berupa bangunan dan mesinnya, juga ada pupuk hayati cair, cultivator dan combine harvester serta berbagai peralatan lainnya. Di sektor peternakan ada bantuan sapi untuk masyarakat, lalu di sektor perikanan kita membantu nelayan berupa mesin kapal, sarana penangkapan dan sarana bantu penangkapan ikan berupa jaring, pancing,bubu, gps, cool box. Ada juga bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar dan air laut,” bebernya

“Di luar bantuan sarana dan prasarana yang kita serahkan secara simbolis hari ini, kita juga terus berusaha memenuhi kebutuhan infratruktur penunjang bagi usaha masyarakat. Pembangunan jalan usaha tani, jalan produksi, saluran air dan irigasi serta berbagai kegiatan infrastruktur lainnya semua ditujukan untuk mewujudkan masyarakat bangka selatan yang lebih maju dan sejahtera,” tambah Bupati Millenial ini.

Menutup sambutannya Bupati Riza Herdavid meminta bantuan-bantuan yang telah diserahkan tersebut dipergunakan dengan baik, dirawat dengan baik dan digunakan secara berkeadilan untuk kesejahterakan masyarakat. (Red/BE).