Menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat Itu Penting

BE.com

Bangka Tengah, Buletinexpres.com — Bupati Bangka Tengah  Algafry Rahman mengajak masyarakat, agar menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pentingnya menerapkan perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini, untuk mencegah berbagai penularan penyakit yang dikhawatirkan dapat menyerang siapa saja, orang tua, dewasa bahkan juga anak-anak,” kata Algafry.

Dikatakan Algafry, menjaga kebersihan lingkungan sangat penting bukan untuk kesehatan saja, namun juga kebersihan merupakan bagian dari iman, jadi sudah sepantasnya kita menjaga kebersihan itu.

“Menjaga lingkungan harus kita lakukan, untuk itu, mari kita jaga lingkungan ini bersama-sama, dan kita bisa memulainya dari hal yang paling kecil saja dulu, yaitu lingkungan rumah kita masing-masing,” ujarnya Jum’at (13/10/2023).

Dalam memberikan contoh penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada anak-anak. Lanjut Algafry, peran dari orang tua sangat  besar, seperti mencontohkan mencuci tangan sebelum makan.

“Pola pendidikan kebersihan di keluarga sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak, untuk belajar dari lingkungan terdekatnya, karena anak akan mencontoh apa yang dilihatnya, untuk itu, berikan contoh yang baik sehingga dalam pikirannya tertanam hal-hal yang baik,” terangnya

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai orang tua harus lebih menyadarkan diri sendiri akan pentingnya kebersihan, dan selalu memberi contoh kepada anak-anak kita.

“Kesadaran diri sendiri dalam Kebersihan juga harus ditingkatkan, agar bisa menjadi contoh dan bisa menerapkan PHBS ini dalam keseharian mereka,” ucapnya.

Dijelaskannya, hidup sehat itu adalah dasar bagi kita dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari, namun ketika kita sakit tentunya tidak bisa beraktivitas.

“Sehat adalah modal utama dalam kehidupan, karena saat kita sehat semua aktivitas bisa dilakukan. Dan juga, daerah itu bisa disebut maju dilihat dari masyarakatnya yang maju, pintar dan hidupnya berkualitas,”pungkasnya. (Red/BE).