Kemenko PMK Menilai Berhasil Mengelola Wilayah Pesisir

BE.com

Jakarta, Buletinexpres.com —  Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar Seminar Nasional Gelar Karya Revolusi Mental “Pesisir Tangguh Untuk Indonesia Maju”, di Gedung Heritage Kemenko PMK, Rabu (13/09/2023).

Dalam seminar tersebut, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman didaulat sebagai narasumber, karena dinilai tangguh dan berhasil dalam Tata Kelola Pembangunan Wilayah Pesisir.

“Tidak bisa kita pungkiri permasalahan kemiskinan, pertumbuhan penduduk dan pendidikan yang terbatas, serta perubahan iklim, menjadi persoalan umum yang dihadapi oleh nelayan di Bangka Tengah,” dalam materi seminar yang disampaikannya.

Lanjut Algafry, dalam sesi sharing menjelaskan, berkaca terhadap dari hal itu, berkaca dari hal itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi persoalan nelayan tradisional.

“Kita membangun sumber daya masyarakat pesisir, baik itu di sektor pendidikan, kesehatan, perikanan, pariwisata, pemukiman pesisir, dan keamanan pesisir, serta penanganan stunting di wilayah pesisir,” terangnya.

Lanjut Algafry, Bangka Tengah dapat mengatasi permasalah tersebut berkat kerjasama dan sinergi semua pihak.

“Alhamdulillah, berkat dukungan berbagai pihak dan stakeholders yang terus bersinergi di Bangka Tengah, dengan melakukan berbagai inovasi untuk mengatasi permasalah nelayan tradisional, sehingga upaya yang dilakukan memberikan hasil yang signifikan,” pungkasnya. (Red/BE).